Menara Masjid Al-Aqsha di Jayapura Ditolak, Begini Respon Menteri Agama

Semoga bisa diselesaikan dengan bijak, ya

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pihaknya tengah melakukan pendekatan terhadap sejumlah pihak menyusul penolakan terhadap berdirinya menara Masjid Al-Aqsha di Jayapura.

"Kami lagi lakukan pendekatan dengan beberapa pihak," kata Menteri Lukman kepada IDN Times melalui pesan singkat, Sabtu (17/3).

Menteri Lukman menambahkan, saat ini sudah ada tim yang secara khusus ditugaskan untuk menangani persoalan ini. "Tim sedang menangani hal ini," tulisnya.

1. Meminta pembangunan menara masjid Al-Aqsha dihentikan

Menara Masjid Al-Aqsha di Jayapura Ditolak, Begini Respon Menteri AgamaTwitter/@lukmansaifuddin

Persekutuan gereja-gereja di Kabupaten Jayapura sebelumnya meminta agar menara masjid Al-Alsha yang berada di Jayapura segera dihentikan. Mereka juga meminta agar tinggi Masjid Al-Aqsha tidak lebih tinggi dari bangunan gereja di sekitarnya. Sikap persekutuan gereja ini diputuskan dalam konferensi yang digelar 16 Februari 2018.

Baca juga: [Linimasa] Kasus Intoleransi dan Kekerasan Beragama Sepanjang 2018

2. Meminta pengeras suara diarahkan ke dalam masjid

Menara Masjid Al-Aqsha di Jayapura Ditolak, Begini Respon Menteri AgamaSukma Shakti/IDN Times

Selain itu persekutuan gereja juga meminta agar TOA (pengeras suara) azan di arahkan ke dalam masjid. Mereka juga meminta agar siswa-siswi pada sekolah negeri tidak mengenakan seragam yang mencirikan agama tertentu.

3. Tidak boleh ada ruang khusus untuk ibadah di fasilitas umum

Menara Masjid Al-Aqsha di Jayapura Ditolak, Begini Respon Menteri AgamaSukma Shakti/IDN Times

Persekutuan gereja juga meminta agar tidak ada ruang khusus untuk beribadah, seperti musala di sekolah, rumah sakit, pasar, terminal, maupun kantor-kantor pemerintah.

Baca juga: Intoleransi Semakin Marak, Ini Usulan Generasi Millennials kepada Pemerintah

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya