FOTO: Hening dan Sakralnya Perayaan Nyepi

Listrik dipadamkan dan akses internet dinonaktifkan

Jakarta, IDN Times - Ribuan umat Hindu di Bali merayakan Nyepi hari ini, Sabtu (17/3). Untuk menjaga kekhidmatan, warga Bali pun menghentikan semua aktivitas mereka.

Bahkan Perusahaan Listrik Negara (PLN) memadamkan listrik di sejumlah wilayah di Bali. Tak hanya itu, akses internet di Bali juga dinonaktifkan sejak Sabtu pukul 06.00 WIB hingga Minggu pukul 06.00 WIB.

Selain di Bali, Hari Raya Nyepi juga diperingati di sejumlah daerah, seperti di Magetan dan Surabaya. Seperti apa sakralnya perayaan Hari Raya Nyepi kali ini? Berikut kami sajikan melalui foto.

1. Membakar ogoh-ogoh, simbol pemusnahan kejahatan

FOTO: Hening dan Sakralnya Perayaan NyepiAntara Foto/Siswowidodo

Umat Hindu membakar ogoh-ogoh di depan Pura Sanggha Bhuwana Lanud Iswahjudi Magetan, Jawa Timur, Jumat (16/3). Pembakaran ogoh-ogoh ini dimaksudkan sebagai simbol pemusnahan kejahatan di dunia.

Baca juga: 9 Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Liburan Nyepi di Bali, Tetap Seru!

2. Festival ogoh-ogoh untuk menetralisir unsur negatif

FOTO: Hening dan Sakralnya Perayaan NyepiAntara Foto/Fikri Yusuf

Sejumlah warga mengarak Ogoh-ogoh dalam Festival Ogoh-Ogoh 2018 di kawasan Kuta, Badung, Bali, Jumat (16/3).

Festival yang diikuti ratusan warga ini menyedot perhatian ribuan wisatawan. Festival ogoh-ogoh sendiri digelar untuk menetralisir unsur negatif agar perayaan Nyepi dapat dilaksanakan dengan damai. 

3. Menerjang kobaran api, memupuk persaudaraan

FOTO: Hening dan Sakralnya Perayaan NyepiAntara Foto/Wira Suryantala

Selain mengarak ogoh-ogoh, tradisi lain dalam menyambut perayaan Nyepi adalah 'mesabatan api'. Dalam tradisi ini, warga membakar sabut kelapa hingga api berkobar.

Setelah api membesar, seorang pemuda kemudian menerobos kobaran api dari sabut kelapa tersebut. Tradisi ini digelar untuk menciptakan keharmonisan, menyucikan alam, sekaligus memupuk persaudaraan.  

4. Perang api dengan saling melempar sabut kelapa yang terbakar

FOTO: Hening dan Sakralnya Perayaan NyepiAntara Foto/Wira Suryantala

Dalam tradisi "Mesabatan Api", selain menerobos kobaran api, para pemuda yang mengikuti tradisi ini juga melakukan perang api, yakni dengan saling melempar sabut kelapa yang telah terbakar. Tradisi ini antara lain digelar di Desa Nagi, Gianyar, Bali, Jumat (16/3).  

5. Menggelar ogoh-ogoh di Surabaya

FOTO: Hening dan Sakralnya Perayaan NyepiAntara Foto/ Zabur Karuru

Tak hanya di Bali dan Magetan, perayaan Nyepi juga dilakukan umat Hindu di Jembatan Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/3). Warga di sini menggelar pawai ogoh-ogoh untuk menyucikan lingkungan dari roh jahat sebelumi hari raya suci Nyepi. 

Baca juga: 7 Makanan Khas yang Wajib Ada saat Nyepi, Sudah Pernah Nyobain?

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya