Begini Perdebatan Syaikhu Vs Dedi Mulyadi Soal Pohon Ditutupi Kain

Kenapa pohon di Purwakarta ditutupi kain?

Jakarta, IDN Times - Debat publik perdana Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 digelar pada Senin (12/3) malam. Debat ini diikuti empat pasangan calon yang akan maju dalam Pilgub Jawa Barat, yakni Ridwan Kamil- UU Ruzhanul Ulum, Tubagus Hasauddin - Anton Charliyan, Sudrajat - Ahmad Syaikhu, dan Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi.

Dalam salah satu sesi di debat ini, pasangan calon diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pasangan lain. Ada yang menarik dalam sesi ini, yakni ketika Ahmad Syaikhu mempertanyakan kebijakan Dedi Mulyadi sebagai Bupati Purwakarta yang menutupi pohon dengan kain.

Seperti apa dialog yang terjadi antara kedua calon tersebut? Berikut pertanyaan dan jawaban mereka seperti disiarkan secara langsung oleh Kompas TV:

1. Syaikhu: Kenapa pohon ditutup kain di Puwakarta?

Begini Perdebatan Syaikhu Vs Dedi Mulyadi Soal Pohon Ditutupi Kain

Calon Wakil Gubernur yang disokong Gerindra, PKS, dan PAN Ahmad Syaikhu mempertanyakan pohon-pohon di Purwarkata yang ditutupi kain. Ia meminta Dedi Mulyadi, Bupati Purwarkarta yang maju dalam Pilgub Jabar mendampingi Deddy Mizwar, menjelaskan kebijakan tersebut.

Baca juga: Debat Pilgub Jabar: Begini Solusi Para Calon Mengatasi Kemiskinan

2. Dedi Mulyani: Memuliakan pohon

Begini Perdebatan Syaikhu Vs Dedi Mulyadi Soal Pohon Ditutupi KainAntara Foto/Agung Rajasa
Dedi Mulyadi tersenyum saat mendengar pertanyaan Syaikhu. Menurutnya, pohon-pohon di Purwakarta disarungi untuk memuliakan pohon tersebut. "Pohon lebih tinggi derajatnya dari orang yang menebang pohon," katanya. Dedi juga mengatakan pohon lebih baik disarungi daripada dipaku.

3. Syaikhu: Anak-anak tidak berbaju lebih membutuhkan kain

Begini Perdebatan Syaikhu Vs Dedi Mulyadi Soal Pohon Ditutupi KainIDN Times/Sukma Shakti

Membalas jawaban Dedi, Syaikhu mengatakan kebijakan Dedi menyarungi pohon ironis karena masih banyak anak-anak kekurangan kain. "Memuliakan manusia jauh lebih terhormat dari pada memuliakan pohon," katanya.

4. Dedi minta Syikhu memberi contoh ada anak kekurangan kain

Begini Perdebatan Syaikhu Vs Dedi Mulyadi Soal Pohon Ditutupi KainIDN Times/Sukma Shakti

Menanggapi jawaban tersebut, Dedi meminta Syaikhu menunjukan di mana ada anak di Purwakarta yang kekurangan kain. "Setiap Hari Jumat anak di Purwakarta pergi ke sekolah pakai kain," katanya.

Baca juga: Debat Pilkada Jabar: Cara Para Calon Menepis Utang Politik

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya