22 Tahun Mangkrak, Sebagian Proyek Jalan Tol Becakayu Akhirnya Diresmikan

Akhirnya....

Laporan IDN Times, Fitang Budhi Adhitia 

Setelah mangkrak selama 22 tahun, proyek tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu, atau dikenal dengan nama Becakayu, diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (3/11).

Masyarakat tumpah ruah mendatangi lokasi peresmian jalan tol Becakayu Seksi 1B yang menghubungkan Cipinang Melayu dengan Pangkalan Jati dan 1C yang menghubungkan Pangkalan Jati dengan Jakasampurna Bekasi. Mereka berharap jalan tol Becakayu dapat mengurai kemacetan yang selama ini terjadi disepanjang jalan Kalimalang baik dari arah Bekasi ke Jakarta ataupun sebaliknya.

Presiden Jokowi beserta rombongan datang ke lokasi persemian pada pukul 08.00. Ia ditemani oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, dan sejumlah pimpinan PT Waskita Karya.

22 Tahun Mangkrak, Sebagian Proyek Jalan Tol Becakayu Akhirnya Diresmikan Warga antusias melihat Presiden Jokowi meresmikan tol Becakayu. (IDN Times/ Fitang Budhi Adhitia)

Wanto dan Rita, warga perumahan Inkopol Jakasampurna Bekasi ini contohnya, mereka sangat mendukung proyek ini dan berharap tol Becakayu bisa menjadi alternatif untuk mengurangi kemacetan di sepanjang jalan Kalimalang.

"Harapan saya sih bisa mengurai kemacetan di Kalimalang sehari-hari pagi sampai sore. Kita mendukung (proyek ini), apalagi ini kan tiang pancangnya sudah dari 21 tahun yang lalu, dari jaman kita muda," kata pasangan suami istri tersebut.

"Alhamdulillah ini sudah diteruskan, bisa bantu tol yg arah ke cikampek atau cawang lah."

22 Tahun Mangkrak, Sebagian Proyek Jalan Tol Becakayu Akhirnya Diresmikan Suasana di jalan raya Kalimalang, Bekasi sebelum peresmian tol Becakayu. (IDN Times/ Fitang Budhi Adhitia)

Tanggapan mengenai tol Becakayu ini juga disampaikan oleh Sungkono dan Drajat, warga perumahanan Taman Permata Cikunir. Mereka berharap agar proyek tol dapat segera dirampungkan sepenuhnya agar bisa dilihat hasilnya.

"Agar segera dirampungkan pengerjaan Tol Becakayu ini, klo sekarang baru sampe Cipinang - Jakasampurna semoga bisa cepet sampe Kampung Melayu biar keliatan bisa mengurai macet gak", katanya.

Jalan Tol Becakayu dirancang sepanjang 21,04 kilometer. Seksi I yang menghubungkan Kasablanka-Jaka Sampurna memiliki panjang 11 kilometer. Sementara, Seksi II yang menghubungkan wilayah Jaka Sampurna-Duren Jaya didesain sepanjang 10,04 kilometer. Proyek jalan tol ini ditargetkan rampung sepenuhnya pada pertengahan 2018.

Jalan tol ini rencananya akan tersambung dengan jalan tol lingkar luar Jakarta atau lebih dikenal dengan nama tol JORR. Semoga bisa jadi solusi kemacetan ya..

Topik:

Berita Terkini Lainnya