Ingin Jadi Penambang Batubara? Perhatikan Ini Dulu

Nggak cuma sekadar menambang saja.

Banyak orang menganggap, batubara itu termasuk jenis batu-batuan. Padahal bukan, benda satu ini berasal dari sisa fosil tanaman yang terbentuk ratusan juta tahun yang lalun. Tanaman yang sudah mati bersebut bercampur dengan berbagai media tanah seperti tanah gambut, yang kemudian digerakkan oleh lempengan tektonik. Adanya percampuran berbagai zat karbon, oksigen, sulfur, hidrogen dan nitrogen dari tanaman mati inilah yang bisa membentuk fosil tumbuhan menjadi batu bara.

Ingin Jadi Penambang Batubara? Perhatikan Ini DuluSumber Gambar: pemeriksaanpajak.com

Batubara berperan dalam industri produksi semen, aluminium, pabrik kertas, bahan kimia dan obat-obatan. Selain itu, beberapa produksi seperti bahan metanol, garam amoniak, produk pupuk pertanian, zat pelarut dan pewarna, plastik, serta logam silikon juga menggunakan batu bara.

Di Indonesia, batubara biasanya digunakan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik. Batubara menjadi bahan bakar yang dikonversikan ke dalam bentuk uap panas dan menjadi sumber tenaga pembangkit listrik.

Ingin Jadi Penambang Batubara? Perhatikan Ini DuluSumber Gambar: sp.beritasatu.com

Batubara sangat mendukung perekonomi negara. Percaya atau tidak batubara Indonesia menjadi komoditi ekspor untuk negara yang tidak memiliki sumber batubara. Batubara juga dapat meningkatkan perekonomian rakyat karena proses produksiya yang khusus. Dengan cara ini batubara akan membutuhkan tenaga kerja dari berbagai bidang ilmu. Jadi, batubara akan meningkatkan penghasilan masyarakat karena bisa mendukung menciptakan lapangan kerja dan beberapa pendukung ekonomi lain. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang berlomba-lomba agar dapat terlibat dalam proses pengolahan batubara. Pekerja tambang adalah salah satu unsur penting dalam proses pengolahan batubara.

Ingin Jadi Penambang Batubara? Perhatikan Ini DuluSumber Gambar: www.adaro.com

Sebelum berniat menjadi pekerja tambang, kamu harus tahu dulu plus minusnya bekerja di tambang batubara. Sisi plus, bisa dilihat dari tingkat kesejahteraan hidup para pekerja tambang batubara. Biasanya pekerja tambang batubara memiliki taraf perkenomian yang baik.

Ingin Jadi Penambang Batubara? Perhatikan Ini DuluSumber Gambar: zulhaq.com

Pekerja tambang batubara tentunya juga harus memiliki fisik dan mental yang kuat. Bekerja di lapangan membutuhkan stamina dan kecerdasan yang tinggi. Para pekerja tambang batubara identik dengan karakter yang kuat dan tangguh.

Di balik sisi plus tersebut, ada sisi minus dari pekerja tambang batubara, yaitu resiko pekerjaan yang sangat besar. Hampir semua pekerja tambang mengalami hal demikian. Berkutat dengan mesin-mesin besar dan bahaya yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan diri mereka.

Ingin Jadi Penambang Batubara? Perhatikan Ini DuluSumber Gambar: www.voaindonesia.com

Sebenarnya pemerintah sudah melakukan pengelolaan tambang batubara dengan sangat baik. Namun, di Indonesia, banyak tambang batubara yang bersifat ilegal dan tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah Indonesia. Apakah pemerintah tetap bisa menjamin keselamatan pekerja disana?

Selain sisi risiko kerja yang besar tadi, kamu juga harus perhatikan gambaran perkembangan industri batubara di masa depan. Saat ini sedang marak dibicarakan harga batubara yang semakin anjlok. Beberapa perusahaan batubara di Indonesia terpaksa gulung tikar.

Ingin Jadi Penambang Batubara? Perhatikan Ini Dulusumber Gambar: www.apbi-icma.org

Jadi buat teman-teman yang punya cita-cita untuk bergabung dengan produksi pengolahan batubara, pikirkan dulu sisi plus dan minus minus yang sudah dijabarkan tadi. Selain itu, kalian juga harus teliti dalam memilih perusahaan. Pastikan perusahaan tersebut benar-benar mampu memberikan kesejahteraan dan keselamatan terhadap hidup teman-teman.

Topik:

Berita Terkini Lainnya