Tak Mau Kalah dengan Demokrat, PDIP Juga Siapkan 6 Nama untuk Pilkada Jatim

Tingkat popularitas dan elektabilitas Gus Ipul masih tertinggi.

Beberapa waktu lalu, Partai Demokrat sudah menyatakan bahwa ada beberapa nama yang mereka siapkan untuk mengarungi pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Partai yang diketuai oleh Susilo Bambang Yudhoyono itu menyatakan sudah menyiapkan 5 calon. 

Seolah tak mau kalah, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga sudah pasang kuda-kuda. Enam kader PDIP disiapkan untuk menghadapi kontes politik tersebut. Uniknya, beberapa nama yang mereka sebut juga masuk dalam daftar bakal calon Gubernur yang dirilis oleh Demokrat. “Ada 19 Pilkada di 18 kabupaten kota yang tim pemenangan bupati dan walikotanya akan bersinergi dengan tim pemenangan pilgub,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Soni T. Danaparamita, seperti yang dikutip dari Tempo.co.

Kira-kira siapa ya yang lebih kuat?

Wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Tak Mau Kalah dengan Demokrat, PDIP Juga Siapkan 6 Nama untuk Pilkada JatimTempo.coElektabilitas Gus Ipul dinilai masih tinggi di Jawa Timur dan memiliki kemampuan komunikasi bagus dengan masyarakat. Dilansir dari Merdeka.com, lembaga The Initiative Institute kembali merilis hasil survei yang menempatkan nama Gus Ipul yang tertinggi dari nama lain. Popularitas Gus Ipul mencapai 82,8 persen dan elektabilitasnya tembus angka 33,2 persen.  "Tapi itu masih belum menjamin Gus Ipul akan mudah memenangkan Pilgub Jatim 2018," kata CEO The Initiative Institute, Airlangga Pribadi. 

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Tak Mau Kalah dengan Demokrat, PDIP Juga Siapkan 6 Nama untuk Pilkada JatimTempo.coSemua tahu bahwa Risma telah mendapat pengakuan dari internasional atas kepemimpinannya di kota Pahlawan. Puluhan penghargaan berhasil dipersembahkan untuk Surabaya, baik tingkat nasional maupun internasional. Alhasil, Surabaya kerap dijadikan sebagai kota percontohan, baik untuk kota-kota di Indonesia ataupun negara lain. Adapun popularitas Risma sebesar 75,4 persen dan 26,1 persen untuk elektabilitasnya.

Bupati Banyuwangi Azwar Annas.

Tak Mau Kalah dengan Demokrat, PDIP Juga Siapkan 6 Nama untuk Pilkada JatimKabarbisnis.comSementara Azwar Annas memiliki jejak rekam luar biasa dalam melentingkan Kabupaten Banyuwangi ke kancah nasional dan internasional, terutama di bidang pariwisata. Terpaut jauh dengan Gus Ipul dan Risma, popularitas Annas masih berada di angka 8,8 persen.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono.

Tak Mau Kalah dengan Demokrat, PDIP Juga Siapkan 6 Nama untuk Pilkada JatimJawapos.comBudi dinilai memiliki kemampuan mengelola pemerintahan terbaik di wilayah mataraman. Sebelum menjadi bupati, ia menjabat sebagai Wakil Bupati Ngawi pada dua periode yakni 1999-2004 dan 2005-2010.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi.

Tak Mau Kalah dengan Demokrat, PDIP Juga Siapkan 6 Nama untuk Pilkada JatimPdiperjuangan-jatim.comKusnadi diketahui merangkap sejumlah jabatan. Di antaranya Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur. Di kalangan internal PDIP, nama Kusnadi cukup menjadi pertimbangan untuk melaju ke Pilgub 2018.

Pimpinan DPRD Kota Kediri Woro Reni Pramana.

Tak Mau Kalah dengan Demokrat, PDIP Juga Siapkan 6 Nama untuk Pilkada JatimViva.co.idReni juga merupakan adik kandung politisi PDI Perjuangan sekaligus Sekretaris Kabinet  Pramono Anung. Reni mengatakan sebagai kader dirinya akan selalu patuh dan taat kepada keputusan partai. Termasuk ketika partai memerintahkan dirinya maju dalam bursa Pilgub. “Harus siap kalau itu perintah partai,” kata Reni kepada Tempo.

Topik:

Berita Terkini Lainnya