Rumah Ketua Fraksi PKS Ditembak, 5 Tokoh Ini Juga Pernah Diteror

Susah ya jadi public figure.

Kediaman Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Dewan Perwakilan Rakyat RI Jazuli Juwaini di Jalan Mustawarah, Kelurahan Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan, ditembak orang tak dikenal pada Rabu malam. Dilansir dari Okezone.com, proyektil dikabarkan menembus jendela kamar anaknya. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam aksi teror tersebut. 

Jazuli menerangkan saat penembakan terjadi, kamar anaknya sedang kosong. Ia menduga pelaku menembak dari arah samping selatan. Dia mengaku tak mengetahui motif penembakan. Ia hanya berharap polisi dapat segera menemukan pelaku beserta motif teror tersebut.

Tak hanya Jazuli, aksi teror juga dialami sejumlah tokoh terkenal. Di antaranya seperti pejabat publik hingga artis.

1. Penyidik KPK, Novel Baswedan

 Rumah Ketua Fraksi PKS Ditembak, 5 Tokoh Ini Juga Pernah DiterorAkbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Dua orang tak dikenal menyiram wajah Novel dengan menggunakan air keras. Penyiraman terjadi usai salat subuh di masjid dekat tempat tinggal Novel di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Teror terhadap Novel tersebut diduga berkaitan dengan pengusutan kasus dugaan megakorupsi proyek Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Di hari yang bersamaan, Komisi Pemberantasan Korupsi mencegah Ketua DPR RI Setya Novanto ke luar negeri. Namun, belum dapat diketahui apakah keduanya saling berhubungan.

Baca juga: Hampir Tiga Pekan Dirawat, Bagaimana Kabar Novel Baswedan?

2. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

 Rumah Ketua Fraksi PKS Ditembak, 5 Tokoh Ini Juga Pernah Diterortempo.co

Risma, sapaan akrab Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, menganggap teror yang dialaminya sebagai hal yang biasa. Dia mengaku kerap mendapat ancaman atau teror. Dari teror ringan hingga ancaman pembunuhan. Niatnya mereformasi birokrasi di Surabaya kerap dijegal. Misalnya seperti saat menciptakan program e-budgeting dan e-procurement, serta program yang dapat mencegah praktik korupsi lainnya.

3. Mantan Ketua KPK, Abraham Samad.

 Rumah Ketua Fraksi PKS Ditembak, 5 Tokoh Ini Juga Pernah DiterorJawapos.com

Samad menyatakan ancaman atau teror terhadap penyidik, pegawai, hingga pimpinan KPK kerap terjadi. Dia pun pernah mengalaminya. Saat menjadi Ketua KPK, Samad sering mendapat ancaman pembunuhan. Samad juga pernah menerima teror berupa tersebarnya foto-foto mirip dirinya dengan sosok wanita muda mirip Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira Wirayanti.

Meski tak lagi menjabat, ternyata teror masih menghampiri keluarganya. Sebulan yang lalu, ada orang tak dikenal sengaja mencongkel mobil istrinya saat mengantar anaknya ke sekolah.

4. Penyidik KPK, Afief Yulian Miftach.

 Rumah Ketua Fraksi PKS Ditembak, 5 Tokoh Ini Juga Pernah DiterorKompas.com

Afief mendapat teror karena tergabung dalam tim penyidik perkara dugaan korupsi yang diduga dilakukan Kepala Badan Intelijen Negara Komisaris Jenderal Budi Gunawan, yang saat itu menjadi Wakil Kepala Polri. Teror yang ditujukan kepadanya beragam. Ban mobilnya ditusuk dan disiram air keras. Pelaku juga menaruh benda mirip bom di depan rumahnya di daerah Bekasi. Teror terhadap Afief itu diduga bukan bertujuan mencederai, tapi hanya sebagai pembawa pesan.

5. Pimpinan FPI, Rizieq Syihab.

 Rumah Ketua Fraksi PKS Ditembak, 5 Tokoh Ini Juga Pernah DiterorSumber Gambar: liputan6.com

Dalam satu bulan belakangan, Rizieq mengaku menerima teror. Di antaranya berupa ledakan mobil saat tablig akbar Isra Mikraj di markas DPD FPI DKI Jakarta. Kedua, teror berupa penembakan terjadi di ruang salat kediaman Rizieq. Pelurunya dikabarkan bersarang di dinding dekat kaca ruangan salat. Beruntungnya, Rizieq sedang berada di ruangan lain. Dilansir dari Tempo.co, kuasa hukum Rizieq, Kapitra Ampera, menduga pelaku hanya ingin memberikan peringatan awal kepada Rizieq.

Baca juga: Asal Mula Teror Badut Seram yang Melanda Amerika Serikat, Inggris dan Australia

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya