Jelang Vonis Ahok, Ribuan Balon Banjiri Balai Kota Jakarta

Balai Kota menjadi cantik dan warna-warni.

Jelang sidang vonis, dukungan terdakwa dugaan penistaan agama yang juga Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, semakin semarak. Setelah "demam" karangan bunga menghiasi kantor Balai Kota, kini pendukung Ahok ramai-ramai mengirimkan ribuan balon. 

Untuk diketahui, hakim akan membacakan vonis untuk Ahok pada Selasa besok. Vonis rencananya akan dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang bertempat di auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan. Sebelumnya, jaksa menuntut Ahok dengan hukuman penjara satu tahun dengan masa percobaan dua tahun. Setelah ada aksi 55 yang menuntut hakim menghukum Ahok dengan hukuman maksimal, kini suasana kembali "didinginkan" sebagian warga Jakarta.

Ribuan balon merah dan putih.

 Jelang Vonis Ahok, Ribuan Balon Banjiri Balai Kota JakartaTempo.co

Senin pagi, ribuan balon berwarna merah dan putih menghiasi kantor Balai Kota. Komunitas Perempuan Peduli Kota Jakarta (PPKJ) yang membawa balon-balon tersebut. Ribuan balon itu disebar di area halaman Balai Kota bercampur dengan karangan bunga. PPKJ membawa 7.500 balon, serta Komunitas Sanur membawa 2.500 balon. Anggota PPKJ, Ilma Sovriyanti, menyatakan balon-balon itu merupakan bentuk dukungan moril untuk Ahok.  

Baca juga: Setelah Karangan Bunga, Warga Mulai Kirim Balon untuk Ahok

Pendukung ingin Ahok tak merasa sendiri.

 Jelang Vonis Ahok, Ribuan Balon Banjiri Balai Kota JakartaMuhammad Adimaja/Tempo.co

Dengan adanya dukungan itu, para pendukung Ahok menginginkan mantan Bupati Belitung Timur itu tak pernah merasa sendirian saat menjalani persidangan kasusnya, terutama menghadapi sidang vonis besok. Mereka meyakini kasus Ahok yang dianggap penuh muatan politis itu akan berakhir dengan tidak membuat Ahok semakin terdzalimi.

Hasil vonis Ahok diharapkan tak membuat Jakarta "memanas" lagi.

 Jelang Vonis Ahok, Ribuan Balon Banjiri Balai Kota JakartaJessi Carina/Kompas.com

Selain berharap Ahok bebas dari hukuman penjara, para pendukungnya berharap semua pihak menghormati putusan hakim. Mereka pun menginginkan Jakarta tetap damai setelah sidang putusan Ahok. Tak ada lagi demo-demo atau protes terhadap upaya hukum Ahok.

Ungkapan cinta kepada Ahok-Djarot.

 Jelang Vonis Ahok, Ribuan Balon Banjiri Balai Kota JakartaKompas.com

Tak hanya sebagai bentuk dukungan, ribuan balon itu juga merupakan apresiasi kinerja pasangan Ahok-Djarot Syaiful Hidayat yang telah membawa sejumlah perubahan selama lima tahun terakhir. Anggota PPKJ, Ilma Sovriyanti, merasa Ahok-Djarot sangat memperhatikan nasib warganya, terutama perempuan dan anak-anak. "Balon ini apresiasi cinta kami kepada pemimpin yang bersih, transparan, dan profesional," ujar Ilma seperti dikutip Liputan6.com.

Baca juga: 4 Presiden Indonesia Punya Reaksi Berbeda Soal Dugaan Penistaan Agama Ahok

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya