Jadi Manusia Tertua di Dunia, Ini 7 Fakta tentang Mbah Gotho

Selamat jalan mbah Gotho

Sodimejo alias Mbah Gotho menjadi buah bibir seluruh kalangan sejak Agustus lalu. Selain karena fakta menjadi manusia tertua di dunia telah tersebar, beberapa artis dikabarkan akan mengunjungi sang kakek. Pria kelahiran Sragen, 31 Desember 1870, itu memecahkan rekor manusia tertua di dunia yang sebelumnya. 

Mbah Gotho meninggal di rumahnya setelah lima hari setelah dirawat di rumah sakit, pada 30 April 2017. Ia dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Tanggung, yang berjarak sekitar 400 meter dari rumahnya. Seperti pesannya, Mbah Gotho dimakamkan dengan tata cara Kristen. Sementara untuk doa selamatan akan digelar sesuai adat Jawa, yakni 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1 tahun, 2 tahun, hingga 1.000 hari setelah meninggal. "Sebelum meninggal, simbah berpesan agar dimakamkan dengan tata cara agama Kristen," ujar salah satu cucu Mbah Gotho, Suryanto, seperti dilansir dari Tempo.co. 

1. Menyiapkan kematiannya sejak 1992.

 Jadi Manusia Tertua di Dunia, Ini 7 Fakta tentang Mbah GothoLiputan6.comMbah Gotho diketahui sudah lama menyiapkan diri menghadapi kematiannya. Bahkan, dia telah memesan nisan bertuliskan namanya pada 1992, setelah anak kedua dari istri keempatnya, Sukirah, yang meninggal di usia 60 tahun. Mbah Gotho juga memesan seperangkat pakaian, kayu untuk peti, dan sepatu yang akan dikenakannya saat meninggal. Ia mengaku ingin meninggalkan dunia sejak lama. 

Baca juga: Capek Berusia 146 Tahun, Kakek Ini Ingin 'Tinggalkan Dunia'

2. Pertama kali dirawat di rumah sakit.

 Jadi Manusia Tertua di Dunia, Ini 7 Fakta tentang Mbah GothoLiputan6.comSelama hidupnya, Mbah Gotho dikenal sebagai orang yang sehat dan jarang sakit. Namun, kondisinya melemah dan terpaksa harus dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr Soehadi Prijonegoro, Sragen, Jawa Tengah, pada 12 April lalu. Penyakit lambungnya kambuh lantara ia jarang makan dan minum. Lima hari dirawat, Mbah Gotho marah-marah minta pulang karena tidak betah dengan suasana rumah sakit dan selalu disuntik.

3. Melayani dua peneliti Amerika Serikat.

 Jadi Manusia Tertua di Dunia, Ini 7 Fakta tentang Mbah GothoReportasenews.comSehari sebelum dilarikan ke rumah sakit, Mbah Gotho masih meladeni dua peneliti dari Amerika. Kedua tamu tersebut bertandang selama tiga hari berturut, yakni 9 - 11 April. Mereka mengambil sampel urin, darah, dan sampel gigi untuk diteliti di Amerika. Selain mengambil sampel untuk penelitian DNA (deoxyribose-nucleic acid), peneliti juga mengamati kulit dan retina mata Mbah Gotho. Saat melihat kulit Mbah Gotho, kedua peneliti tersebut meyakini bahwa pria asal Sragen itu memang menjadi manusia tertua di dunia.

4. Jadi ladang rezeki warga.

 Jadi Manusia Tertua di Dunia, Ini 7 Fakta tentang Mbah GothoTempo.coKabar burung yang menyebutkan rencana artis Julia Perez dan Ayu Tingting akan mengunjungi Mbah Gotho membuat warga Sragen heboh. Sejumlah penjual jajanan membuka lapak di depan gang rumah sang kakek. Kehebohan kabar tersebut tak mampu membendung rasa penasaran warga. Ratusan warga terus berdatangan dari berbagai desa. Bahkan, mereka tak masalah harus menempuh jarak dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Pemuda kampung tak mau melewatkan rezeki begitu saja. Mereka berinisiatif membuka lahan parkir dadakan dengan memasang "portal" bambu di ujung gang menuju rumah Mbah Gotho.

Duduk dengan formasi melingkar, mereka berlomba memotret dan berswafoto bersama Mbah Gotho. “Kok do nonton aku ki opo aku bagus (kok pada melihat saya apa karena saya ganteng),” kata Sodimejo sambil tersenyum waktu itu. Hingga saat ini, Julia Perez dan Ayu Tingting tak kunjung datang. Artis Daus Mini dan Ustaz Zacky Mirza justru mendahului mereka menengok sang kakek.

5. Doyan makan sate kambing.

 Jadi Manusia Tertua di Dunia, Ini 7 Fakta tentang Mbah GothoWordpress.com
uryanto, 47 tahun, salah satu cucu Mbah Gotho, mengungkapkan rahasia Mbah Gotho sehingga bisa hidup panjang umur dan tak pernah sakit. Kata dia, dikutip dari Antara, kakeknya selalu menjalani hidup sederhana dengan pola makan yang tidak memiliki pantangan. Sayur berkuah, sambal, dan tempe goreng adalah menu kesukaannya. Tak hanya itu, sate kambing dan teh menis juga menjadi menu favoritnya.

6. Mengalahkan rekor manusia tertua asal Prancis.

 Jadi Manusia Tertua di Dunia, Ini 7 Fakta tentang Mbah GothoTwitterData kartu identitas Mbah Gotho menunjukkan usianya mencapai 145 tahun. Jika dokumen identitasnya bisa diverifikasi, Pria asal Desa Cemeng, Sragen, Jawa Tengah, itu menjadi manusia tertua di dunia. Berdasarkan dokumen dan data yang terverifikasi, rekor manusia tertua di dunia saat ini masih dipegang oleh perempuan asal Prancis, Jeanne Louise Calment. Ketika meninggal di panti jompo pada 1997, Calment berusia 122 tahun. 

Sejumlah ilmuwan meragukan akan ada manusia yang dapat memecahkan rekor Calment. Laporan di jurnal Nature edisi Oktober lalu menyebutkan rentang hidup maksimal manusia secara alami sudah mencapai batasnya. Riset yang dipimpin Jan Vijg, ahli genetika dari Albert Einstein College of Medicine, New York, menyatakan ambang durasi hidup manusia secara alami adalah itu 115 tahun. 

7. Hidup lebih lama dari empat istrinya.

 Jadi Manusia Tertua di Dunia, Ini 7 Fakta tentang Mbah GothoTempo.coMbah Gotho hidup lebih lama dari empat istrinya. Sepuluh saudara Mbah Gotho sudah meninggal. Kawan-kawan sebaya dan lima anaknya juga sudah tak ada. Mbah Gotho memiliki istri 4 dengan 5 anak, 25 cucu, 17 cicit (buyut), dan 12 canggah (keturunan kelima atau anak buyut). Meski jarang sakit, kemampuan mata dan pendengaran Mbah Gotho sudah sangat menurun. Lawan bicara harus berkata dengan suara kencang di dekat telinganya. Meski begitu, dirinya masih senang mendengar radio.

Baca juga: Mengagumkan! Inilah Astronot Wanita Tertua yang Pernah Berjalan di Luar Angkasa!

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya