Kebanyakan Minum Air Saat Lari Marathon, Pelari Wanita Ini Alami Koma

Ia diduga telah minum sebanyak 1 lusin botol

London, IDN Times - Pelari wanita yang satu ini harus berjuang bangkit dari koma setelah sebelumnya terlalu banyak minum air hingga 1 lusin botol. Pada saat itu, ia sedang mengikuti ajang London Marathon yang digelar beberapa waktu lalu. Bagaimana awal ceritanya?

1. Wanita ini pingsan di rumah usai perlombaan

Kebanyakan Minum Air Saat Lari Marathon, Pelari Wanita Ini Alami Koma metro.co.uk

Dilansir dari Metro.co.uk, seorang pelari yang diketahui bernama Johanna Pakenham ini awalnya mengikuti ajang lomba lari London Marathon yang digelar beberapa hari yang lalu. Saat perlombaan, cuaca panas yang begitu terik membuat Johanna terus meminum air hingga 1 lusin botol. Namun, reaksi hebat justru saat setelah tiba di rumah dan Johanna pingsan di rumahnya sendiri. Sebelumnya, ia menderita kejang-kejang dan dilakukan pemeriksaan menggunakan CPR untuk membuat ia tetap hidup selama di mobil ambulans menuju rumah sakit terdekat.

Beruntung, Johanna pun akhirnya bisa bangkit lagi setelah beberapa hari lamanya mengalami koma. Usai bangun dari koma, Johanna pun tidak mengingat apa yang terjadi dengannya. "Saya pikir jujur saya bangun dan berbicara sedikit pada hari Rabu, bahkan melewati beberapa hari berikutnya sampai hari Sabtu. Saya hampir saja melewati satu minggu penuh," ungkap Johanna seperti yang dikutip dari Metro.co.uk.

2. Ia diduga menderita penyakit hiponatremia

Kebanyakan Minum Air Saat Lari Marathon, Pelari Wanita Ini Alami Koma pixabay.com/congerdesign

Dalam kasus ini, Johanna menderita penyakit hiponatremia, dimana penyakit itu terjadi ketika konsentrasi natrium dalam darah secara abnormal rendah, yang menyebabkan kejang-kejang, muntah, hingga yang paling parah koma. Ketika meminum terlalu banyak, Johanna mengeluarkan banyak sekali sodium yang keluar dari sistemnya. Padahal, sodium adalah elektrolit dan membantu mengatur jumlah kadar air yang ada di dalam tubuh serta sekitar sel tubuh. Sejak saat itu juga, Johanna telah mencari dokter spesialis jantung untuk melakukan tindakan lebih lanjut lagi mengenai ini.

3. Johanna sendiri memang hobi berolahraga sejak lama

Kebanyakan Minum Air Saat Lari Marathon, Pelari Wanita Ini Alami Koma thesun.co.uk

Johanna mengakui sudah sejak lama ia memiliki hobi berolahraga, terutama olahraga lari. "Saya suka berlari dan melakukannya selama bertahun-tahun dan saya telah mengikuti 4 lomba maraton, meskipun yang saya ikuti saat ini adalah yang pertama kalinya setelah 15 tahun terakhir. Saya ingat saat memulai lomba namun saat berada dalam tengah-tengah lomba merupakan saat di mana saya mulai merasakan ada yang tidak beres," ungkap Johanna seperti yang dikutip dari Metro.co.uk.

Bahkan, menurutnya lomba lari Maraton yang diikutinya ini merupakan lomba dengan suhu terpanas yang pernah dia ikuti. Berdasarkan yang dirilis dari The Met Office, laporan resmi dari London Marathon, suhu pada saat itu mencapai 23,2 derajat Celcius. Maka dari itulah saat sedang dalam lomba, Johanna selalu meminum banyak air karena cuaca tersebut. Berkaca dari pengalaman ini, Johanna mengingatkan kepada lainnya agar selalu waspada terhadap pengaruh minum air banyak saat sedang berlari.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya