Wali Kota Surabaya Tri Rismharini Wakili Indonesia di Forum Bergengsi ini

Di hadapan 193 negara anggota PBB lho

Surabaya, IDN Times - Sering mendapatkan prestasi tingkat regional, nasional, hingga internasional membuat nama Wali Kota Surabaya, Tri Rismharini sangat disegani. Terbukti, Risma –sapaan akrabnya– mendapat undangan khusus di acara World Urban Forum (WUF) di Malaysia, Kamis (8/2). Terlebih, Risma akan hadir sebagai keynote speaker alias pembicara di hadapan para wali kota atau kepala daerah tingkat internasional.

Hal ini bukanlah pertama kali, sebab Risma sudah beberapa kali diundang di acara PBB (Persatuan Bangsa Bangsa). Dia acap kali diajak menghadiri pertemuan penting bersama kepala daerah luar negeri, mulai dari Eropa, Asia, Afrika hingga Amerika. Risma juga pernah diundang oleh putra mahkota Kerajaan Inggris Pangeran Charles sebagai tamu kehormatan.

1. Surabaya menjadi perwakilan Indonesia

Wali Kota Surabaya Tri Rismharini Wakili Indonesia di Forum Bergengsi iniIstimewa

Kepala Sub Bagian Kerjasama Luar Negeri Pemkot Surabaya, Yanuar Hermawan mengatakan Wali Kota Risma berangkat ke Kuala Lumpur untuk mewakili Surabaya. Sedangkan Surabaya menjadi salah satu wakil dari Indonesia.

Yanuar juga membenarkan bahwa Wali Kota menjadi pembicara di WUF tahun ini untuk membahas Cities 2030 yakni perkotaan di tahun 2030 ke depan. 

“WUF adalah forum non-legislatif tingkat dunia yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh UN Habitat sejak tahun 2002. Sebagai forum tingkat dunia, WUF ini akan dihadiri oleh 193 negara anggota PBB,” ujarnya.

Baca juga: Antisipasi Kekerasan Anak, Risma Akan Tambah CCTV

2. Surabaya dianggap memiliki peran penting di WUF

Wali Kota Surabaya Tri Rismharini Wakili Indonesia di Forum Bergengsi iniIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Wawan juga mengatakan bahwa Kota Pahlawan dibawa kepemimpinan Tri Rismaharini mengalami kemajuan yang pesat. Terbukti dalam perumusan agenda WUF, Surabaya memiliki peran penting serta menginspirasi kota-kota di negara lain.

Surabaya, lanjut Wawan telah menjadi tuan rumah PrepCom 3 konferensi habitat III yang membahas zero draft dokumen agenda baru perkotaan. Selain itu, model perkembangan perkotaan dan inovasi-inovasi pembangunan Surabaya, telah diakui dunia.

“Makanya, Bu Wali Kota diundang oleh Sekretariat Nasional Habitat untuk menjadi pembicara dalam sesi dialog bertema transformative partnerships in urban management,” tegasnya.

3. Risma juga berbicara di acara Women in Cities International

Wali Kota Surabaya Tri Rismharini Wakili Indonesia di Forum Bergengsi iniIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Selain menghadiri dan berbicara di WUF, Wawan membeberkan bahwa Wali Kota sarat akan prestasi ini juga diminta berbicara di acara lain, di hari yang sama. Acara tersebut digelar oleh organisasi Women in Cities International bersama dengan asosiasi kota-kota metropolis dunia.

"Kalau yang acara lain itu temanya kebijakan metropolitan dalam mengimplementasikan tujuan pembangunan berkelanjutan dan agenda baru perkotaan sebagai kota yang aman bagi wanita dan anak-anak perempuan. Bu Wali Kota sangat menguasai kalau masalah perempuan dan anak," pungkasnya.

Baca juga: Pakai Kebaya, Risma Pimpin Langsung Pembongkaran Saluran Air

Topik:

Berita Terkini Lainnya