UNBK dengan CCTV Dinilai Meningkatkan Integritas Siswa

Sementara itu, Ombudsman menyebut integritas siswa menurun pada UNBK tahun ini.

Surabaya, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Saiful Rachman mengatakan bahwa jian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini bisa meningkatkan integritas siswa. Pasalnya, ujian kali ini tidak diawasi pengawas melainkan hanya CCTV. Hal itu disampaikannya saat memantau langsung pelaksanaan hari pertama UNBK di SMAN 15 Surabaya.

1. Kadisdik Jatim tampik pernyataan ombudsman kalau integritas siswa menurun

UNBK dengan CCTV Dinilai Meningkatkan Integritas SiswaIDN Times/Sukma Shakti

Dalam kesempatan ini, Saiful menegaskan kalau UNBK dengan CCTV justru meningkatkan integritas. Ia menampik anggapan dari Ombudsman pekan lalu bahwa integritas UNBK tahun ini menurun. Alasannya, keberadaan pengawas di luar ruangan akan mendidik dan membiasakan siswa bertindak jujur.

"Kalau masalah kebocoran soal itu hanya sosial media, kebenarannya kan belum pasti. Lagipula gak mungkin bocor karena soal baru dibuka. Tidak ada proses yang melibatkan banyak tangan seperti ujian berbasis kertas," ujarnya, Senin (9/4).

2. Saiful jamin seluruh siswa sudah siap UNBK

UNBK dengan CCTV Dinilai Meningkatkan Integritas SiswaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara, untuk kesiapan, Saiful menilai seluruh sarana SMA dan MA di Jatim sudah 100 persen siap, Bahkan, untuk beberapa sekolah yang berada di pulau-pulau kecil, pemerintah provinsi juga sudah memfasilitasinya. “Jadi sekolah maupun siswa sudah terbiasa dengan ujian ini. Waktu USBN lalu aplikasinya juga sudah bagus seperti UNBK," tuturnya.

Baca juga: Ya Tuhan, Mudahkanlah dan Berikanlah Aku Keberhasilan dalam Menghadapi Ujian Nasional

3. Tahun ini ada 1.491 SMA dan 1.630 MA se-Jatim 

UNBK dengan CCTV Dinilai Meningkatkan Integritas SiswaIDN Times/Sukma Shakti

Sementara itu, tahun ini tercatat ada 1.491 SMA dan 1.630 MA yang menggelar UNBK, yakni dengan perincian ada 172.102 siswa SMA dan 100.237 siswa MA. Saiful optimistis, pelaksanaan UNBK  SMA dan MA ini akan lebih mudah dilaksanakan karena jumlahnya lebih kecil dari pada jenjang SMK lalu. "Kami sudah lakukan sinkronisasi sejak kemarin. Kami pantau terus dari tiap posko. Harapannya lancar sampai hari terakhir," pungkasnya.

Baca juga: Ibarat Ukur Kemampuan Ikan dan Tupai Dengan Tes Panjat Pohon, Apa Ujian Nasional itu Adil?

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya