Soekarwo Minta Semua Jembatan Timbang Jatim Difungsikan

Surabaya, IDN Times - Pasca ambruknya jembatan Cincin Lama sisi Barat di Kecamatan Widang Tuban, Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta agar jembatan timbang yang telah setahun lebih tidak berfungsi, kembali dioperasikan. Sebab, hingga saat ini dugaan penyebab ambruknya jembatan tersebut adalah kelebihan bobot.

1. Jembatan timbang punya peran sangat vital

Soekarwo Minta Semua Jembatan Timbang Jatim  DifungsikanDok. IDN Times/Istimewa

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini meminta semua jembatan timbang di Jawa Timur dioperasikan kembali untuk mengantisipasi kejadian serupa. "Karena sarana mengontrol beban itu gak ada. Jembatan timbang tidak ada. Usulan agar jembatan timbang untuk dihidupkan kembali, saya kira satu usul yang bagus," ujarnya, Jumat (20/4).

Baca juga: Jembatan Tuban Diduga Kelebihan Muatan, Begini Hitungannya

2. Meminta Kementerian lakukan pengecekan di seluruh jembatan

Soekarwo Minta Semua Jembatan Timbang Jatim  DifungsikanDok. IDN Times/Istimewa

Selain itu, Pakde Karwo juga mengusulkan agar Kementerian PUPR melakukan pengecekan terhadap seluruh jembatan yang ada di Indonesia. Terlebih, tidak lama lagi akan memasuki musim mudik. "Di Bitung kemarin itu, jembatan baru juga ambrol," ucapnya.

3. DPRD Jatim akan temui Kementerian membahas fungsional

Soekarwo Minta Semua Jembatan Timbang Jatim  DifungsikanDok. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim Hahib Mahdi mengatakan, dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke Kementriaan PUPR, terkait fungsional jembatan timbang. Jika pemerintah pusat keberatan mengelolanya, Pemprov Jatim menurutnya siap mengambil alih. "Dengan tidak berfungsinya jembatan timbang banyak merugikan pemprov Jatim. Diantaranya jalan rusak akibat melebihi tonase. Dan yang terbaru jembatan Widang," jelas Mahdi.

Baca juga: Jembatan di Tuban Ambruk, Polri Akan Audit Semua Jembatan di Jawa

 


 

Topik:

Berita Terkini Lainnya