Kembar Siam, Bayi Salma Akhirnya Susul Sofia

Semoga tenang di sana nak!

Surabaya, IDN Times - Takdir kembar siam Sofia dan Salma untuk hidup di dunia ternyata tak lama. Setelah Bayi Sofia yang dipastikan meninggal, Kamis (1/2) pukul 08.43 WIB, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo harus mengumumkan kembali kabar duka. Salma harus menjemput Sofia pada Kamis (15/2) pukul 11.30 WIB.

1. Salma meninggal di usia 27 hari

Kembar Siam, Bayi Salma Akhirnya Susul SofiaDokumentasi RSUD Dr Soetomo Surabaya

Dokter spesialis anak RSUD dr. Soetomo, dr. Agus Harianto mengumunkan bayi Salma meninggal dunia di usia 37 hari. Hal ini berbeda apa yang dialami oleh Bayi Sofia yang hanya mendapatkan kesempatan hidup selama 23 hari saja.

"Iya benar hari ini (15/2) tepat pukul 11.30 Bayi Salma dipastikan meninggal dunia di NICU GBPT RSUD dr. Soetomo. kami turut berduka cita, dan akan terus mengawal jenazah bayi Salma," ujar dr. Agus kepada IDN Times, Kamis (15/2).

2. Salma mengalami gagal fungsi multi organ

Kembar Siam, Bayi Salma Akhirnya Susul Sofiababycenter.com

Agus menambahkan, meninggalnya bayi Salma dikarenakan gagal fungsi multi organ. Ia memastikan hal itu karena kelainan bawaan kembar siam. "Istilahnya omphalopagus omphalocele dengan kelainan saluran cerna yang komplek pasca operasi pemisahan hari ke 15," ujarnya.

3. Jenazah diantar ke rumah duka

Kembar Siam, Bayi Salma Akhirnya Susul Sofiapptback.com

Setelah disucikan di kamar jenazah, bayi Salma ditempatkan di peti jenazah dan diantar dengan ambulance RSUD dr. Soetomo. "Diantarkan ke rumah duka di Jalan Simo Tambaan Sekolahan 56 C Surabaya, untuk dimakamkan bersebelahan dengan saudaranya," pungkas dr. Soetomo.

4. Drama kembar siam Salma dan Sofia

Kembar Siam, Bayi Salma Akhirnya Susul Sofiaparents.com

Seperti diketahui, Salma Sofia kembar siam dempet perut lahir pada 8 Januari 2018 d RSUD dr. Soetomo Surabaya. Bayi siam ini lahir dengan kondisi prematur dengan bobot 4,395 kg dan memiliki kelainan satu organ dan bentuk kebongkokan berlebih pada tulang belakang.

Salma Sofia akhirnya menjalani proses pemisahan pada tanggal 31 Januari 2018. Operasi berlangsung selama empat jam. Namun nahas, pasca operasi pada tanggal 1 Februari 2018 Sofia dipastikan meninggal dunia. Dua minggu berselang, giliran Salma yang berpulang pada hari ini (15/2).

Baca juga: Salma dan Sofia, Kembar Siam yang Harus Dipisahkan Maut

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya