Sering Bertemu dalam Debat, Khofifah dan Gus Ipul Tak Miliki Persiapan Khusus

Ini sih el classico!

Surabaya, IDN Times - Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengaku sama-sama tidak memiliki persiapan khusus jelang debat perdana Pilkada Jatim nanti malam (10/4). Meski begitu, keduanya siap tampil prima dan memberikan yang terbaik dalam debat yang diselenggarakan di Dyandra Convention Center tersebut. 

Wajar jika keduanya menganggap debat sebagai sesuatu hal yang biasa. Baik Khofifah maupun Gus Ipul sebelumnya memang sudah bertemu di dua edisi Pilkada Jatim sebelumnya.

1. Khofifah memastikan tidak ada tim khusus

Sering Bertemu dalam Debat, Khofifah dan Gus Ipul Tak Miliki Persiapan KhususIDN Times/Ardiansyah Fajar

Khofifah memastikan tidak akan ada tim khusus menghadapi debat besok. Sebab, program Nawa Bhakti Satya yang menjadi program prioritas dalam pencalonannya ini telah melalui pemikiran dan proses yang panjang  bersama pasangannya, Emil Elestianto Dardak. Bahkan, Khoffiah juga mengaku telah gencar melakukan navigasi program untuk mematangkan 9 program yang masuk dalam program Nawa Bhakti Satya tersebut.

"Kita ini bikin Nawa Bhakti Satya ini kan berproses. Breakdown saya berproses, ke daerah juga saya berproses. Kalau kita itu mendapatkannya dalam bentuk draft yang sudah jadi mungkin ya harus di brifing khusus. Lah wong kita ini kan berproses.

2. Khofifah-Emil hanya melakukan pendalaman materi debat

Sering Bertemu dalam Debat, Khofifah dan Gus Ipul Tak Miliki Persiapan KhususDok. IDN Times/Istimewa

Khofifah membeberkan, pada debat pilkada, ia dan pasangannya Emil tidak melakukan pembagian tugas karena sudah memiliki chemistry yang baik. Ia hanya melakukan pendalaman materi tema debat yang membahas "Kesejahteraan Rakyat" nanti. "Ya ora lah (Ya tidak lah). Kita gak berbagi tugas. Jadi kita masing-masing melakukan pendalaman terhadap item-item yang sudah dikasih tau sama tim yang ikut rapat ke KPU," pungkasnya.

3. Gus Ipul hanya matangkan visi misi saja

Sering Bertemu dalam Debat, Khofifah dan Gus Ipul Tak Miliki Persiapan KhususANTARA FOTO/Zabur Karuru

Sementara itu, Cagub nomor urut dua, Gus Ipul menyebut tak banyak melakukan persiapan jelang penyelenggaraan Debat manti. Menurutnya, pihaknya selama ini telah menyiapkan serangkaian program kerja hasil dari bertemu masyarakat. "Biasa saja. Semua jalan biasa. Kami mematangkan visi dan misi saja," ujar Gus Ipul. 

4. Tema Kesejahteraan rakyat sudah sesuai dengan program Gus Ipul-Puti

Sering Bertemu dalam Debat, Khofifah dan Gus Ipul Tak Miliki Persiapan KhususDok. IDN Times/Istimewa

Terkait tema 'Kesejahteraan Sosial' yang akan menjadi tema pembahasan debat, Gus Ipul mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa program andalan. "Program itu ada kaitannya dengan perempuan dan anak. Kami akan menyampaikan apa yang menjadi keyakinan kami untuk kesejahteraan Jawa Timur," kata Gus Ipul. 

Lebih lanjut, selama ini pihaknya telah bertemu masyarakat sekaligus menyerap aspirasi masyarakat. "Selama ini penyusunan program kami tak lepas dari proses bertanya kepada masyarakat. Sehingga, tanpa adanya persiapan yang khusus, saya rasa cukup untuk debat besok," pungkas pasangan cawagub, Puti Guntur Soekarno ini. 

Baca juga: Debat Perdana Pilkada Jatim, Polisi Kerahkan 1000 Personil

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya