Sempat Protes, Kedua Paslon Setujui Desain Surat Suara Pilkada Jatim

Mereka meminta penambahan gelar Hj dan sarjana.

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim melaksanakan rapat koordinasi persetujuan surat suara di ruang Media Center, Selasa (24/4). Rapat koordinasi ini dilakukan bersama kedua pasangan calon (paslon), Bawaslu Jatim, dan Polda Jatim. Rapat ini merupakan lanjutan dari pembahasan yang telah dilakukan pada pekan lalu.

1. Desain surat suara telah disetujui oleh kedua paslon

Sempat Protes, Kedua Paslon Setujui Desain Surat Suara Pilkada JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam pembahasan kali ini ditemui titik soal desain surat suara. Desain ini telah disetujui oleh M. Roziqi, Ketua Tim Pemenangan Paslon nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Hikmah Bafaqih Ketua Tim Pemenangan Paslon dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. 

Komisioner KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta mengatakan rapat koordinasi sempat tertunda karena tim pemenangan salah satu paslon belum hadir, akhirnya surat suara dapat disepakati kedua tim pemenangan paslon. “Alhamdulillah, akhirnya desain surat suara sudah disepakati dan selanjutnya akan masuk pada tahapan percetakan,” ucapnya.

2. Setelah disetujui, akan dilakukan approval sebelum dicetak

Sempat Protes, Kedua Paslon Setujui Desain Surat Suara Pilkada JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Shinta juga menjelaskan bahwa sebelum dilakukan cetak, KPU akan melakukan approval ke percetakan di Kabupaten Kudus. Dia menyebutkan kemungkinan besar untuk approval surat suara sebelum dicetak akan dilaksanakan Jumat (27/4) mendatang. "Tentunya sebelum naik cetak juga akan dilakukan approval, sehingga hasilnya tidak akan bermasalah di kemudian hari,” katanya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Jatim Totok mengimbau agar KPU Jatim lebih teliti dan detail lagi sebelum mencetak surat suara. “Berhubung tidak ada masalah dan sudah disepakati oleh kedua tim pemenangan paslon, tinggal naik cetak saja. Cuma Kami himbau untuk lebih teliti lagi,” jelasnya.

3. Kedua tim paslon sempat tidak setuju

Sempat Protes, Kedua Paslon Setujui Desain Surat Suara Pilkada JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sebelumnya, desain surat suara Pilgub Jawa Timur, mendapat tanggapan dan masukan dari kedua paslon. Roziki, mengusulkan adanya perubahan nama pada Calon Wakil Gubernur (Cawagub). Adapun perubahan yang diusulkan, yakni menambahkan nama Dardak di desain surat suara.

Hal yang sama juga disampaikan oleh perwakilan tim pemenangan dari paslon nomor dua, Yordan. Dia juga mengusulkan adanya perubahan nama pada cawagub, yakni dengan menambahkan gelar Hajah (Hj) dan Sarjana Pendidikan (S.Pd). 

Topik:

Berita Terkini Lainnya