Saat Gus Ipul dan Khofifah Adu Data Soal Pengangguran di Jatim

Sama-sama mengaku memiliki data yang valid.

Surabaya, IDN Times - Debat Pilkada Jatim 2018 dengan tema Ekonomi Pembangunan masih menyisakan hal menarik. Terutama saat pasangan calon nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak menanyakan soal program kerja "Pak Kardiman" milik Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno. Perdebatan menjadi menarik lantara keduanya ngotot dengan datanya masing-masing.

1. Khofifah minta penjelasan 750 lapangan kerja tiap tahun

Saat Gus Ipul dan Khofifah Adu Data Soal Pengangguran di JatimIDN Times/Rosa Folia

Khofifah menanyakan terkait rencana rivalnya yang berencana membuka 750 ribu lapangan kerja tiap tahun di Jatim "Kami ingin mendapatkan penjelasan dari Gus Ipul dan Mbak Puti, bagaimana back bone dan infrastruktur ekonomi disiapkan untuk membuka lapangan kerja. Sementara hari ini penggangguran di Jawa Timur ada 827 ribu. Jadi, sebetulnya setahun sudah cukup," kata Khofifah.

2. Khofifah pakai data BPS soal pengangguran di Jatim

Saat Gus Ipul dan Khofifah Adu Data Soal Pengangguran di JatimIDN Times/Rosa Folia

Khofifah juga menyorot data pengangguran dari Badan Pusat Statistik Jatim. Ia menyebut bahwa Gus Ipul yang telah menjabat Wakil Gubernur Jatim selama dua periode memahami minimnya penurunan angka pengangguran ini. "Data BPS Jatim 2017, pengangguran tahun 2016 misalnya 4,14 persen per Februari 2017, 4,10 persen, jadi turunnya setahun cuma 0,04 persen. Ini data dirilis resmi dari BPS jatim. Gus Ipul, pak Wagub, jadi data BPS, pasti beliau sangat paham. Penurunan pengangguran hanya 0,04 persen," katanya.

3. Gus Ipul timpali dengan sata Dinas Penanaman Modal Provinsi

Saat Gus Ipul dan Khofifah Adu Data Soal Pengangguran di JatimIDN Times/Rosa Folia

Sementara itu, Gus Ipul menjawab kalau pihaknya memakai data tahun 2017, jadi ada Rp120 triliun investasi yang direalisasikan. Dana itu menurut dia, mampu menyerap tenaga kerja lebih dari 598 orang. Dia mengaku mendapatkan data itu dari dinas penanaman modal provinsi Jawa Timur. "Nah, Kalau kita tambah dengan 1000 desa wisata, di tambah dengan investasi yang sudah siap di belakangnya, saya kira bukan sesuatu yang sulit untuk menciptakan 750 ribu lapangan kerja setiap tahun," papar Gus Ipul.

Baca juga: Jelang Debat Pilkada Jatim, Kedua Pendukung Adu Yel di Jalanan

4. Gus Ipul sebut angka pengangguran tinggal 4 persen di Jatim

Saat Gus Ipul dan Khofifah Adu Data Soal Pengangguran di JatimIDN Times/Rosa Folia

Lebih lanjut, soal penurunan angka pengangguran, Gus Ipul menerangkan bahwa terjadi penurunan angka pengangguran mencapai 4 persen. Ia pun mengklaim data yang diperoleh dari Dinas Penanaman Modal Jatim itu valid. Ia juga menegaskan pihaknya akan mencari sektiar 800 ribu lebih yang masuk dalam kategori pengangguran untuk dibukakan kesempatan kerja. "Kami juga punya data ada penurunan 0,21 persen tahun ini, sekarang tinggal empat persen, ini juga data yang bisa dipastikan valid," pungkasnya.

 

Baca juga: Debat Pilgub Jatim, Gus Ipul Akan Dorong Anak Muda Jadi Petani

 



Topik:

Berita Terkini Lainnya