Saat Bu Nyai Se-Surabaya Dukung Gus Ipul-Puti

Mereka kemudian menyanyikan lagu "Kabeh Sedulur" yang dipopulerkan Via Vallen
Surabaya, IDN Times - Memasuki hari kedua kampanye, Calon Gubernur Jatim nomor urut dua, Saifullah Yusuf kembali mendapatkan dukungan dari relawannya. Tak tanggung-tanggung, kali ini dari Ibu Nyai Se-Surabaya mendaraskan dukungannya kepada Gus Ipul.
 
Bertempat di Quds Royal Hotel Surabaya, Gus Ipul disambut hangat oleh Jaringan Relawan Surabaya (Jawara) yang terdiri dari para Kyai, Ibu Nyai serta ratusan relawan.
 
Dalam kesempatan deklarasi ini, para santri dan relawan yang hadir juga sempat menyanyikan lagu "Kabeh Sedulur" bersamaan yang dipopulerkan Via Vallen.

1. Deklarasi Jawara digagas tiga Nyai ternama Jatim

Saat Bu Nyai Se-Surabaya Dukung Gus Ipul-PutiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Deklarasi kali ini digagas tiga bersaudara Ibu Nyai yakni Nyai Makkiyah Asad Syamsul Arifin Nyai Isaiyyah Asad Syamsul Arifin dan Nyai Juwariyah Fawaid. Mereka yang mendeklarasikan diri umumnya adalah para Ibu Nyai se Surabaya dan alumni santri Pesantren Salafiyah Syafi'iyah, Sukorejo, Situbondo.

 
Nyai Hj. Makkiyah yang merupakan pengasuh tiga Pesantren Salafiyah Syafi'iyah, Sukorejo, Situbondo; Pesantren Al-Huda Sumber Nangka, Duko Timur, Larangan Pamekasan, dan Pesantren As-Shidqiyah Perum Batu Kencana, Kabupaten Sumenep, mengatakan deklarasi kali ini digelar tanpa ada paksaan.
 
"Ini dari hati, kami mendukung Gus Ipul dari hati tidak mengharap apapun kecuali mencari kemenangan bagi Gus Ipul," ujar Makkiyah.

2. Bu Nyai punya tiga alasan mendasar pilih dukung Gus Ipul-Puti

Saat Bu Nyai Se-Surabaya Dukung Gus Ipul-PutiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Dukungan kepada Gus Ipul, lanjut Makiyah , didasari atas perintah jumhur (mayoritas) Kiai sepuh di Jawa Timur. "Pesan para Kiai jelas. Hasil istikharah yang saya lakukan juga jelas bahwa yang harus kita dukung adalah Gus Ipul," kata Makkiyah.

 
Hal yang sama diungkapkan Juwariyah. Menurut dia, selain panggilan hati, dukungan kepada Gus Ipul didasari atas tiga alasan.
 
Yakni karena Gus Ipul adalah calon yang direstui para Kiai. Karena perintah Kiai, maka partai politik pertama yang mendukung Gus Ipul adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). "Beliau bukan mencalonkan diri tapi dicalonkan para Kiai," kata Juwariyah.
 
Alasan selanjutnya adalah adanya pesan dari Kiai Fawaid Asad. Semasa hidupnya, Kiai Fawaid berpesan saat Gus Ipul mencalonkan diri sebagai Gubernur maka harus didukung penuh. "Alasan ketiga adalah Gus Ipul ini berpengalaman 10 tahun menjadi wakil gubernur. Beliau sudah sabar 10 tahun saat ini sudah waktunya Gus Ipul jadi Gubernur," terangnya.
 

3. Relawan berperan penting sampaikan visi misi Gus Ipul

Saat Bu Nyai Se-Surabaya Dukung Gus Ipul-PutiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Gus Ipul mengaku semua digerakkan para relawan khususnya para Ibu Nyai. Dengan relawan seperti ini, maka visi dan misi yang selama ini telah dirumuskan bisa dengan cepat sampai ke masyarakat.

"Kita berterima kasih kami tidak bisa menemui menjangkau semua lapisan masyarakat dan relawan seperti ini yang akan membantu. Kami juga bangga karena mereka ini membuat gerakkan relawan dengan sepenuh hati. Kita bisa melihat hari ini mereka berseragam padahal saya sama sekali tidak membelikan seragam mereka," ujarnya.

 

Baca juga: Kampanye Hari Pertama, Ini yang Dilakukan Khofifah dan Gus Ipul

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya