Risma: Surabaya 100 persen Siap UNBK

"Kami sudah siapkan itu jauh-jauh hari."

Surabaya, IDN Times - Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) meninjau langsung persiapan UNBK di sejumlah sekolah di Kota Surabaya, Jawa Timur. Setelah pagi hari meninjau sekolah, siangnya mereka bertemu dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Kamis (5/4).

1. Risma jelaskan Surabaya sudah terapkan UNBK  

Risma: Surabaya 100 persen Siap UNBKDok. IDN Times/ Istimewa
Wali Kota Risma menjelaskan berbagai terobosan yang telah dilakukan di Kota Surabaya dalam mengembangkan pendidikan, termasuk persiapan menghadapi UNBK yang akan digelar pada 23-26 April. Ia memastikan kalau UNBK di Surabaya sudah dilakukan jauh hari sebelum kebijakan itu ditetapkan di tingkat nasional.

“Sebenarnya, kami sudah memulai lebih dulu dibanding nasional, karena selama ini ulang-ulangan pun kita sudah menggunakan teknologi informasi. Dan ternyata anak-anak lebih senang dibanding ketika manual yang harus gosok-gosok jawaban, sekarang tinggal klik dan lebih cepat,” kata Risma.

Baca juga: Ooh Ternyata Ini 14 Kepanjangan Kocak UNBK 2017 Menurut Para Netizen!

2. Tahun ini Risma tegaskan Surabaya siap 100 persen

Risma: Surabaya 100 persen Siap UNBKIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Risma juga menjelaskan UNBK di Surabaya akan diikuti oleh 374 SMP dan MTs dengan peserta sebanyak 42.426 siswa. Adapun jumlah pengawas ruangan dalam UNBK ini sebanyak 2.611 orang dengan server yang disediakan sebanyak 1.924 buah. Sementara untuk total client 19.947 komputer, Proktor 638 orang, teknisinya 527 dengan ruang ujian 655 ruangan. 

Sementara sekolah yang melaksanakan UNBK secara mandiri ada 366 sekolah dan sekolah yang bergabung dengan sekolah SMPN lain ada 8 sekolah. “Jadi, kami pastikan UNBK di Kota Surabaya sudah 100 persen siap, karena kami sudah siapkan itu jauh-jauh hari,” tegasnya.

3. Pemkot lakukan pengadaan 5.255 unit komputer untuk UNBK

Risma: Surabaya 100 persen Siap UNBKIDN Times/Ardiansyah Fajar

Risma juga menyebutkan untuk persiapan, salah satunya dengan melakukan pengadaan komputer sebanyak 5.255 unit. Pengadaan yang didampingi langsung oleh pihak kepolisian dan kejaksaan itu disebarkan ke sekolah-sekolah yang akan menggelar UNBK. 

“Setelah pelaksanaan UNBK, kami harapkan komputer-komputer itu bisa digunakan untuk media pembelajaran sehari-hari,” ujarnya.

4. Pemkot juga pasang 1.909 titik wifi gratis di Surabaya

Risma: Surabaya 100 persen Siap UNBKetisalat.ae

Pada kesempatan ini, Wali Kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu juga menjelaskan sudah membangun 1.900 titik wifi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak. Ia juga membangun 44 lokasi broadband learning center dan 1.430 perpustakaan dan taman baca yang tersebar di berbagai titik di Kota Surabaya. 

“Kami juga menganggarkan 33 persen dari APBD untuk bidang pendidikan. Sebab, pendidikan anak-anak sangat penting untuk masa depan bangsa ini,” kata dia.

5. DPR: Anggaran pendidikan Surabaya lebih tinggi dari Jakarta

Risma: Surabaya 100 persen Siap UNBKDok. IDN Times/ Istimewa
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra yang mewakili sambutan komisinya merasa terkagum-kagum dengan berbagai terobosan yang telah dilakukan oleh Wali Kota Surabaya. Bahkan, ia mengaku dalam catatan komisi X selama ini, hanya DKI Jakarta yang menganggarkan pendidikan sebesar 20 persen. 

“Ternyata, di Kota Surabaya malah mencapai 33 persen, ini sesuatu yang sangat menggembirakan bagi kita semuanya,” kata Sutan.

Politisi Gerindra ini menilai bahwa Kota Surabaya sudah 100 persen siap melaksanakan UNBK dengan berbagai infrastruktur yang dipersiapkan. “Artinya, ini juga sudah berkorelasi dengan anggaran yang sampai 33 persen. Kami apresiasi berbagai langkah yang sangat baik di Kota Surabaya,” pungkasnya.

Baca juga: Kunci Jawaban UNBK Dikabarkan Bocor, Ini Tanggapan Kepala Dinas Pendidikan

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya