Saat Risma Turun Tangan Bersihkan Pasar Keputran

"Baunya pesing sekali di sini. Cepat dibuat taman untuk hari ini. Terus dilebarkan juga jalannya"

Surabaya, IDN Times - Anggapan hari Senin sebagai Monster Day dipandang berbeda oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Mengenakan pakaian dinas putih hitam kombinasi boot bewarna pink, pukul 05.30 WIB, ia sudah memutari Kota Pahlawan di awal pekan. Kemacetan jalan di Surabaya pun seolah tak dihiraukannya.

1. Keluhkan bau pesing dari sebuah saluran air

Saat Risma Turun Tangan Bersihkan Pasar KeputranIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lokasi pertama yang dituju Risma yakni depan bekas Bioskop Pratama, Jalan Dinoyo Surabaya. Didampingi Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan, Erna Purnawati, ia melihat saluran air disekitar kawasan ini. Alhasil Risma meminta dilakukan normalisasi, pelebaran jalan dan pembuatan taman. 

"Baunya pesing sekali di sini. Cepat dibuat taman untuk hari ini. Terus dilebarkan juga jalannya," ucap Risma, Senin (5/3).

2. Meminta pembongkaran bangunan liar

Saat Risma Turun Tangan Bersihkan Pasar KeputranIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selanjutnya, Risma langsung ke arah sungai sekitar Dinoyo. Di sini, ia melihat adanya bangunan non permanen seluas 3x2 meter di atas area irigasi. Tak tinggal diam, mantan Kepala Bappeko ini pun meminta Satpol PP Kota Surabaya untuk segera membongkar bangunan liar tersebut. "Ayo itu bongkar bangunan seng itu," ucapnya

3. Ikut membersihkan pasar dengan air bertekanan tinggi

Saat Risma Turun Tangan Bersihkan Pasar KeputranIDN Times/Ardiansyah Fajar

Setelah memutari kawasan Dinoyo, pukul 06.15 WIB, Risma menuju Pasar Keputran. Di sini, ia melihat kondisi pasar. Lantaran kotor, kali ini ia tak banyak bicara justru langsung membersihkan area pasar yang terletak di Jalan Dinoyo ini. Di bantu Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, ia pun langsung mengomandoi pembersihan pasar. "Tali rafia itu tolong dilepas saja," kata Risma saat melihat tali rafia di pohon. Uniknya, ia ikut langsung membersihkan pasar dengan menyemprotkan area depan Pasar Keputran.

Baca juga: Subuh-subuh, Risma Sidak Saluran Air

4. Mengawasi pengerukan sungai Kali Mas

Saat Risma Turun Tangan Bersihkan Pasar KeputranIDN Times/Ardiansyah Fajar

Puas membersihkan area Pasar Keputran, pukul 10.35 WIB Risma melanjutkan tinjauannya di Sungai Kali Mas sisi Timur pasar. Kali ini ia menginstruksikan langsung. "Ditarik langsung dikeruk, yang di bawah jembatan itu banyak," sahut Risma. Petugas operator eskatavor lock pun menuruti instruksinya. 

Baca juga: Didampingi KPK, Risma Marah Besar di Kantor Ini

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya