"Satria Madura", Cara Gus Ipul Pangkas Kemiskinan di Pulau Garam

Apa saja ya isinya?

Surabaya, IDN Times - Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno telah mematangkan visi, misi, program dan janji kerja untuk mengarungi Pilkada Jatim 2018. Visi misi Gus Ipul-Puti bahkan sudah memasuki tahap finalisasi untuk disetorkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim.

Berdasarkan jadwal, sebelum tanggal 15 Februari, seluruh peserta pilkada memang diharuskan untuk menyetorkan program kerja yang akan dikampanyekan. Gus Ipul-Puti sudah mematangkan 1 visi, 3 strategi, 5 misi, 9 program kerja, dan 33 janji kerja.

1. Program "Satria Madura" jadi salah satu unggulan Gus Ipul - Mbak Puti

Satria Madura, Cara Gus Ipul Pangkas Kemiskinan di Pulau GaramIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Gus Ipul  mengatakan dirinya telah melakukan rapat dengan pasangannya Puti Guntur Soekarno dan para petinggi partai pengusungnya. Hasil dari rapat tersebut, ada satu program unggulan, yakni Satria Madura.

Program ini ditujukan untuk memangkas angka kemiskinan di pulau garam yang cukup tinggi.

"Satria Madura itu satu trilliun untuk Madura, kami akan fokus bangun Madura dengan anggaran khusus dan kebijakan khusus. Kami akan berfokus untuk penguatan SDM (sumber daya manusia) di Pulau Madura, terutama pendidikan dan kesehatan di sana masih kurang. Lalu infrastruktur di sana harus dibangun agar rata," ujar Gus Ipul saat meresmikan posko kemenangan di DPW PKS Jatim, Jalan Gayungsari Barat, Surabaya, Rabu (7/2).

Baca juga: Sokong Gus Ipul, PDIP Surabaya Yakin Kantongi 90 persen Suara

2. Kemiskinan, pengangguran, kesenjangan dan pertanian juga jadi sorotan

Satria Madura, Cara Gus Ipul Pangkas Kemiskinan di Pulau GaramIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Gus Ipul juga mengakui selama mendampingi Soekarwo 9 tahun, kemiskinan di Jatim angkanya terus menurun. Namun, penurunan itu belum signifikan.

Pasalnya, sampai saat ini angka kemiskinan Jatim masih di atas rata-rata nasional. Selain kemiskinan, Gus Ipul juga melihat pengangguran yang masih menjamur di Jatim akibat masih tingginya kesenjangan. "Kami juga melihat sektor pertanian Jatim masih belum terangkat. Memang produktivitas petani Jatim meningkat, tapi NTP-nya (nilai tukar petani) masih di bawah rata-rata. Ini menjadi perhatian kami," ungkapnya.

3. Pantai Selatan Jatim tak luput dari perhatian Gus Ipul-Puti

Satria Madura, Cara Gus Ipul Pangkas Kemiskinan di Pulau GaramIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Gus Ipul - Puti tak hanya fokus mengkampanyekan program unggulan di kawasan Madura, Nahdiyin dan Nasionalis. Gus Ipul-Puti juga mulai melirik kawasan basis mataraman yakni sisi Selatan Jatim.

Mereka melihat kawasan Pantai Selatan sangat berpotensi bisa dikembangkan. Karena sampai sekarang, hanyalah Pantai Utara (Pantura) yang selalu digenjot infrastrukur lautnya. "Ada juga fokus di Pantai Selatan, supaya perkembangan Jatim lebih merata," pungkasnya.

Baca juga: Kunjungi Co-Working Space, Ini Janji Gus Ipul untuk Pelaku Startup

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya