"Super Blue Blood Moon Menyadarkan Betapa Kecilnya Manusia"

Masih mau nyombong?

Surabaya, IDN Times - Fenomena langka super blue blood moon dimaknai lebih mendalam oleh Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Bupati Trenggalek Emil Dardak dan istrinya Arumi Bachsin. Ketiganya sepakat bahwa momen ini bisa menyadarkan bahwa manusia hanyalah bagian kecil dari skenario Tuhan. 

Dalam khotbahnya, Kyai Besar Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS), KH Abdul Khamid juga menyampaikan bahwa bumi dan segala isinya itu kecil. Terbukti, adanya penampakan bulan yang sangat besar yakni super moon mengingatkan di angkasa masih banyak hal lebih besar. "Lantas bagaimana dengan Allah SWT (Tuhan), Sang pencipta alam semesta ini. Kita semua di sini hanya hamparan kecil saja, jangan bangga dengan yang ada," ujarnya kepada para jamaah, Rabu (31/1).

Baca juga: Gus Ipul, Emil dan Arumi Kompak Menikmati Super Blue Blood Moon Bersama

1. Arumi Bachsin baru pertama kali melakukan salat gerhana

Super Blue Blood Moon Menyadarkan Betapa Kecilnya ManusiaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Arumi Bachsin mengaku baru pertama kalinya melakukan salat gerhana. Arumi mengatakan dirinya sangat senang bisa melakukan salat berjamaah di tengah-tengah warga Surabaya yang diakuinya sangat ramah.

"Kalau nonton gerhana sudah sering, kalau salat gerhana ini baru pertama kali. Sangat senang bisa ke sini (MAS, Red). Saya bisa berbaur bersama ibu-ibu di sini, diajak foto bareng. Tapi intinya fenomena ini mengingatkan kepada Yang Kuasa atas segalanya," ungkapnya.

2. Emil Dardak spichles dengan super blue blood moon

Super Blue Blood Moon Menyadarkan Betapa Kecilnya ManusiaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Adapun Emil Dardak menilai momen ini sangat spesial karena berdekatan dengan hari ulang tahun Nahdhatul Ulama (NU).

"Terakhir fenomena ini ada di tahun 1886, ini momen spesial, bertepatan juga dengan hari ulang tahun NU. Fenomena ini melihatkan betapa besarnya alam semesta, bahkan galaksi bima sakti hanya bagian kecilnya. Dengan salat sunnah bisa lebih mendekatkan diri ke Sang Pencipta," terang Emil.

3. Gus Ipul: Ini tanda-tanda kebesaran Allah

Super Blue Blood Moon Menyadarkan Betapa Kecilnya ManusiaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sedangkan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf menyebut Super Blue Blood Moon merupakan tanda-tanda kebesaran Allah. Ditunjukkan denomena sedemikian rupa, menurut Gus Ipul sapaan akrabnya, manusia lebih bisa termotivasi lagi tentang apa yang diberikan Allah kepada hambanya.

"Ini bisa membuat iman bertambah, membuat ketundukan kepada Allah bertambah. Rukuknya merupakan bentuk penghormatan yang luar biasa," pungkas Gus Ipul.

Baca juga: Begini Serunya Kalau Ibu-ibu Berburu Foto Super Blue Blood Moon

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya