Libur Kampanye, Khofifah Pilih Sowan ke Kiai

Restu kiai sangat penting jelang pilkada

Surabaya, IDN Times - Hari libur kampanye dimanfaatkan calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sowan ke kiai-kiai di Pasuruan. Kedatangannya ke Pasuruan ditemani putri pendiri NU Nyai Hj Mahfudoh binti Wahab Hasbullah, Nyai Hj Mutahmmimah Hasyim Muzadi dan KH Asep Chalim. Ia pun disambut KH Abdullah Siradj dari Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Kamis (10/5).

1. KH Siradj lebih yakin jika Jatim dipimpin Khofifah

Libur Kampanye, Khofifah Pilih Sowan ke KiaiDok. IDN Times/ Istimewa

Siradj mengatakan sudah mengenal lama Khofifah lama. Kiai sepuh Pasuruan ini yakin Khofifah mampu memimpin Jawa Timur. "Saya tahu ibu Khofifah mampu memimpin. Iya dukungan penuh, betul. Insyaallah lancar. Saya tahu sifat-sifatnya jadi saya sudah kenal lama. Saya rasa Khofifah sangat bisa dipercaya, mampu menjalankan pemerintahan Jawa Timur," ungkapnya.

2. Khofifah sebut restu kiai sangat penting untuk pimpin Jatim

Libur Kampanye, Khofifah Pilih Sowan ke KiaiDok. IDN Times/ IstimewaSementara itu, Khofifah mengaku bahwa restu kiai sangat penting. Dawuh para kiai bisa menjadi stimulan dan bimbingan untuk menjalankan roda pemerintahan. "Alhamdulillah jadi Berdasarkan survei, masyarakat di Jawa Timur sekitar 50 persen memilih pemimpin berdasarkan referensi para kiai, para tokoh agama. Jadi proses untuk menjadikan dawuh atau fatwa dari kiai. Oleh karena itu tidak pernah lepas nyuwin pangestu dari kiai," kata Khofifah.

3. Khofifah akan lebih maksimal silahturahmi ke kiai sebelum 27 Juni

Libur Kampanye, Khofifah Pilih Sowan ke KiaiDok. IDN Times/ Istimewa

Khofifah menambahkan, dirinya dan pasangannya Emil Dardak akan lebih gencar untuk sowan ke kiai di Jatim. Menurutnya, kunjungan ke kiai bisa jadi ajang tukar pendapat memimpin Jatim jika terpilih nanti. "Silaturahmi-silaturahmi kami maksimalkan. Jadi masing-masing kekuatan Jawa Timur menjadi penting bersama-sama memberikan satu pespektif bagaimana kepemimpinan ke depan," pungkasnya.

Baca juga: Libur Kampanye, Puti Dampingi Megawati Nyekar ke Makam Bung Karno

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya