KAI Tambah 6 Kereta Lebaran, Tiket Bisa Mulai Dipesan Nanti Malam

Begadang, siapin hape!

Surabaya, IDN Times - Meski lebaran masih dua bulan lagi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan terjadi nanti. Diprediksi, pada lebaran Idul Fitri tahun ini, penumpang akan mengalami kenaikan hingga empat persen. Hal inilah yang menjadi sorotan PT. KAI Daop 8 untuk menambah kursi demi melayani penumpang.

1. Ada tambahan 6 rangkaian kereta api tahun ini

KAI Tambah 6 Kereta Lebaran, Tiket Bisa Mulai Dipesan Nanti MalamInstagram/@kai121_

Manajer Humas PT KAI Daop 8, Gatut Sutiyatmoko mengatakan pada lebaran idul fitri tahun ini pihaknya menambah 6 rangkaian kereta api. Enam KA itu adalah KA Gajayana Lebaran relasi Stasiun Gambir-Malang, KA Sembrani Lebaran relasi Stasiun Gambir-Stasiun Pasar Turi. Masing-masing KA tersebut berkapasitas seat 900.

KA Sancaka Lebaran relasi Yogjakarta-Surabaya Gubeng kapasitas seat 1.420. Lalu KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng kapasitas seat 1.368. Kemudian KA Matarmaja Lebaran relasi Pasar senen-Malang kapasitas seat 1.792. Yang terakhir KA Kertajaya Lebaran relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi kapasitas seat 1.792.

"Iya ada tambahan karena penumpang tiap tahun naik. Jadi 6 rangkaian, tiap rangkaiannya ada 9 sampai 10 gerbong. Ini untuk memfasilitasi mereka (penumpang)," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Minggu (15/4).

2. Setiap harinya menyediakan 8.172 seat

KAI Tambah 6 Kereta Lebaran, Tiket Bisa Mulai Dipesan Nanti MalamInstagram/kai121_

Gatut menambahkan, adanya tambahan enam rangkaian ini akan membuat jumlah kursi yang tersedia per hari mencapai 8.172.   Lebih lanjut, keenam KA tersebut akan mulai beroperasi di hari dan tanggal yang bervariasi. "Tapi sebagian besar akan mulai beroperasi pada 8 Juni hingga 25 Juni 2018. Namun ada KA yang beroperasi lebih awal, yakni Kertajaya Lebaran yang mulai dioperasikan mulai tanggal 5 Juni 2018 hingga 26 Juni 2018," katanya.

3. Tiket sudah bisa dipesan nanti malam

KAI Tambah 6 Kereta Lebaran, Tiket Bisa Mulai Dipesan Nanti MalamIDN Times/Reza Iqbal

Sementara untuk tiket KA lebaran, Gatut menyampaikan bahwa pada Senin (16/4) pukul 00.00 WIB sudah dapat pesan. Bagi yang ingin mendapatkan tiket enam KA tambahan itu, Gatut menyarankan masyarakat memesan tiket melalui aplikasi KAI Access di website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile Apps yang dikelola oleh mitra KAI.


"Tahun lebaran 2018 ini, kami memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB. Ini demi kelancaran akses pemesanan tiket KA," kata Gatut. Tak hanya itu, KA juga memperkuat sistem keamanan dengan mengupgrade sistem firewall. Ini bertujuan mengantisipasi adanya virus atau gangguan pada sistem IT.

Baca juga: Dear Perantau, Ini 7 Cara Agar Gak Kehabisan Tiket Mudik

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya