Jokowi Resmikan Pesantrenpreneur dan Unmar di Pasuruan

Pesantren juga bisa jadi penopang ekonomi, lho

Surabaya, IDN Times - Presiden Joko Widodo bersama Menseskab, Pramono Anung, Menperin, Airlangga Hartarto, Mendag, Enggartiasto Lukita, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Jalil berkunjung ke Pasuruan, Sabtu (12/5). Tujuan kedatangan Jokowi yang juga didampingi Gubernur Jatim, Soekarwo ialah meresmikan Program Pesantrenpreneur dan sepuluh ritel modern berkonsep syariah bernama “Unmart” di Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah.

Pesantrenpreneur ialah program penguatan ekonomi rakyat berbasis pesantren yang dilaksanakan secara terintegrasi, mulai pelatihan, pendampingan, permodalan, hingga pemasaran, yang ditujukan bagi para santri ponpes.

1. Jokowi ingin Pesantrenpreneur dan Unmart terus dikembangkan

Jokowi Resmikan Pesantrenpreneur dan Unmar di PasuruanDok. IDN Times/ Istimewa

Jokowi menilai program ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan berbasis ponpes. Ia mengharapkan ide seperti ini bisa didorong dan dikembangkan. Sementara untuk Unmart, ia meminta agar ke depan semakin banyak Unmart di ponpes. Menurunya, Umart bisa membangun ekonomi di ponpes melalui program Bank Wakaf mikro.

“Sekarang baru ada sepuluh, saya harap semua ponpes di Indonesia yang jumlahnya hampir tigapuluh ribu itu juga ada Unmart-nya, karena ini sejalan dengan program pemerintah. Awalnya sudah 20 Bank yang sudah berdiri, kemudian saat ini sudah ada 40. Kami akan terus evaluasi, membenahi, dan menambah lagi. Jadi kedepan ponpes jadi kekuatan ekonomi bagi bangsa ini” ujar Presiden kelahiran Solo ini.

2. HIPMI harapkan ke depan ponpes jadi kekuatan ekonomi

Jokowi Resmikan Pesantrenpreneur dan Unmar di PasuruanDok. IDN Times/ Istimewa

Ketua Umum HIPMI Pusat, Bahlil Lahadalia mengatakan, pihaknya optimis program pesantrenpreneur bisa menjadi penggerak ekonomi. Ia melihat, potensi ponpes sangat besar, yakni jumlahnya lebih dari 30.000 pesantren dan 5 juta santri serta puluhan juta alumnus diseluruh Indonesia. “Selama ini ponpes telah berhasil dan fokus mencetak SDM yang unggul dengan model pendidikannya yang spesial, Dengan pesantrenpreneur, ke depan pesantren bisa menjadi kekutan ekonomi, karena memiliki potensi besar yang bisa menggerakkan ekonomi umat” katanya.

3. Pengurus ponpes harapkan bisa jadi bekal santri saat lulus

Jokowi Resmikan Pesantrenpreneur dan Unmar di PasuruanDok. IDN Times/ Istimewa
Sementara Pengurus Ponpes Bayt Al Hikmah, KH. Anam mengatakan Unmart bisa menjadi inkubator bisnis bagi para santri. Caranya, dalam tiga bulan sekali, para pengurus ritel akan di-rolling. Sehingga masing-masing santri akan memiliki pengalaman dalam mengelola usaha. Diharapkan, pengalaman itu akan menjadi modal bagi mereka ketika lulus dari ponpes.

“Jadi saat santri lulus dan pulang ke daerahnya, mereka tidak hanya berprofesi menjadi guru agama, ustadz, atau kiai. Tapi juga bisa menjadi pengusaha, sehingga bisa ikut memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat di sekitarnya” pungkas Anam.

Topik:

Berita Terkini Lainnya