Jembatan Ambruk, Gus Ipul Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan

Seharusnya, jembatan dengan usia puluhan tahun perlu perhatian lebih.

Surabaya, IDN Times - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meminta pemerintah pusat segera menyelidiki penyebab pasti runtuhnya jembatan Widang, Tuban. Gus Ipul yang juga merupakan Wakil Gubernur non-aktif ini mengucapkan belasungkawa kepada korban jiwa akibat runtuhnya jembatan tersebut. "Kita prihatin sekaligus berbelasungkawa. Kami mendengar kabar bahwa ada korban dari runtuhnya jembatan tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/4).

1. Gus Ipul minta Kementerian PUPR melakukan penyelidikan mendalam

Jembatan Ambruk, Gus Ipul Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan Dok. IDN Times/Istimewa

Sebagai langkah tindak lanjut atas insiden ini, Gus Ipul meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), khususnya Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, bagian perbaikan jembatan Unit Lamongan segera turun melakukan penyelidikan. 

"Jembatan ini memang masuk dalam kewenangan pemerintah pusat. Sehingga, memang harus ada sikap dari Balai Besar Jalan Nasional sebagai pengelola jembatan. Harus disediki penyebabnya. Apakah karena faktor human error. Atau memang ada faktor lain," kata Gus Ipul.

2. Berharap ada upaya pencegahan

Jembatan Ambruk, Gus Ipul Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan Dok. IDN Times/Istimewa

Gus Ipul mengaku menyayangkan adanya kejadian tersebut. Ia pun berharap pemerintah pusat juga harus melakukan langkah pencegahan untuk menghindari kejadian serupa. "Kejadian seperti ini seharusnya menjadi peristiwa terakhir. Harus ada tindakan dari pemerintah pusat," jelasnya.

Baca juga: Jembatan di Tuban Ambrol, Dua Orang Tewas

3. Sarankan ada pemeriksaan berkala di infrastruktur yang sudah berumur

Jembatan Ambruk, Gus Ipul Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan Dok. IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Gus Ipul menyampaikan kalau infarstruktur khususnya jembatan secara berkala harus dilakukan pemeriksaan. Apalagi, jembatan yang ada di Widang Tuban tersebut menurutnya sudah berumur. "Khususnya untuk jembatan yang berusia di atas 20 tahun, kedepan, harus diperiksa lagi dan dicek kelaikannya," paparnya.

Baca juga: Jembatan Tuban Ambruk, Polisi Sebut Usia Sebagai Sebabnya

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya