Jelang Debat, Khofifah Sempatkan Ziarah ke Makam Sunan Ampel

Ternyata, Khofifah sudah rutin berziarah ke makam Sunan Ampel sejak SMP.

Surabaya, IDN Times - Jelang pelaksanaan debat publik pertama oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Selasa 10/4) malam nanti, calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa melakukan ziarah kubur ke makam Raden Rahmat atau Sunan Ampel. Khofifah nampak Khusyuk membacakan wirid serta memimpin pembacaan doa yang diakhiri dengan tabur bunga.

1. Ziarah kubur sebagai salah satu bagian pendekatan kepada Tuhan

Jelang Debat, Khofifah Sempatkan Ziarah ke Makam Sunan AmpelIDN Times/Ardiansyah Fajar

Khofifah mengatakan, ziarah kubur ini dilakukan sebagai salah satu bagian mendekatkan diri kepada Tuhan. Menurutnya, ziarah ke Sunan Ampel itu merupakan kebutuhan spiritual untuk untuk bersambung dengan para wali songo.

"Saya rasa sebaiknya kita selalu mengeringkan ikhtiar kita dengan munazat kepada Allah supaya proses yang kita lakukan berseiring dengan turunnya ridho dan barokah dari Allah," ujar Khofifah.

2. Khofifah mengaku sudah sejak SMP ke Sunan Ampel

Jelang Debat, Khofifah Sempatkan Ziarah ke Makam Sunan AmpelDok. IDN Times/Istimewa

Ketua Umum Muslimat NU ini juga mengaku telah melakukan rutinitas ziarah kubur ke makam Wali Songo khususnya di Sunan Ampel sejak masih duduk di kelas dua SMP. Kebiasaan itu, kata Khoffiah, sudah menjadi tradisi dalam keluarga besarnya menjelang libur sekolah.

"Saya dari SMP, kalau Kamis sore sepulang sekolah biasanya saya langsung ke Sunan Ampel, saya bermalam di sini sampai besok subuhnya. Karena sekolah saya liburnya Jumat. Jadi sebetulnya saya ada tradisi ziarah ke Sunan Ampel," ungkapnya. 

Baca juga: Turun Gunung, AHY Minta Pendukung Khofifah-Emil Tak Kendor

3. Khofifah punya doa khusus bekal dari Gus Dur jika ke makam Wali Songo

Jelang Debat, Khofifah Sempatkan Ziarah ke Makam Sunan AmpelDok. IDN Times/Istimewa

Khofifah juga membeberkan kalau mendapat doa khusus kepada para Wali Songo dari Gus Dur. Selain doa tersebut rutin dibaca sebalem tidur, ijazah dari Gus Dur tersebut juga dibaca ketika melakukan ziarah kubur ke makam Wali Songo seperti yang dilakukan saat ini. "Ada juga salah satu ijazahnya Gus Dur antara lain ada wirid tertentu yang dibaca tawassul ke Sunan Ampel sebelum tidur kita baca Fatihah," pungkasnya.

Baca juga: Sering Bertemu dalam Debat, Khofifah dan Gus Ipul Tak Miliki Persiapan Khusus

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya