Jelang Debat Kedua, Gus Ipul Pilih Sowan ke Kiai Madura

Dia mengaku tak memiliki persiapan khusus.

Surabaya, IDN Times - Jelang Debat Publik kedua Pilkada Jatim 2018, calon Gubernur (Cagub) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memilih untuk sowan alias berkunjung ke Kabupaten Sampang Madura, Selasa (8/5). Kegiatan pertama yang dilakukan Gus Ipul di Sampang yakni silahturahmi sekaligus meminta doa restu pada KH Muhammad Jabir Ali Ridho di Pondok Pesantren Bustanus Sholihin Al Bukhari.

1. Kedatangan Gus Ipul disambut hangat oleh Muhammad Jabir

Jelang Debat Kedua, Gus Ipul Pilih Sowan ke Kiai MaduraDok. IDN Times/ Istimewa

Dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Gus Ipul yang tiba di pesantren sekitar pukul 06.30 WIB, langsung menuju kediaman Muhammad Jabir. Di pesantren ini kebetulan juga sedang menggelar atau perpisahan santri yang akan digelar pada siang harinya. "Assalamu'alaikum Kiai, semoga tetap sehat," kata Gus Ipul disambut jabat tangan erat dan pelukan hangat dari KH Muhammad Jabir.

2. Gus Ipul sowan ke Kiai bentuk menjaga tradisi sekaligus menghormati

Jelang Debat Kedua, Gus Ipul Pilih Sowan ke Kiai MaduraDok. IDN Times/ Istimewa

Menurut Gus Ipul, sowan ke Kiai tidak sekadar tradisi, melainkan juga upaya untuk terus menjalin komunikasi dan menghormati para ulama dan Kiai. "Tidak hanya pas mau debat, hampir setiap hari dan setiap ada kesempatan saya selalu keliling sowan Kiai untuk mendengarkan dawuh dan berharap keberkahan serta doa," ujarnya.

Baca juga: Cerita Sepatu yang Dikenakan Emil Saat Debat Pilkada Jatim

3. Gus Ipul tegaskan tidak ada persiapan khusus hadapi debat ke dua

Jelang Debat Kedua, Gus Ipul Pilih Sowan ke Kiai MaduraDok. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, untuk menghadapi debat ke dua yang akan digelar malam (8/5) nanti, Gus Ipul mengaku telah siap. Bagi Wakil Gubernur Jatim dua periode ini, tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi debat. Menurutnya debat kali ini lebih rileks dan pengalaman selama mendampungi Soekarwo pada perhelatan debat di periode sebelumnya membuatnya makin matang.

Debat nanti malam sendiri akan digelar di Dyandra Convention Center Surabaya mulai pukul 19.30 WIB. Debat dengan tema Ekonomi Pembangunan tersebut akan dipandu oleh dua news presenter andal, Aiman Wicaksono dan Aviani Malik.

 

Baca juga: Gelar Debat Kedua, KPU Jatim Gandeng Aiman dan Aviani Malik

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya