Lakukan Pembekalan, Ini Tugas Saksi Pilkada Kubu Gus Ipul-Puti

Mereka dibekali untuk memastikan pilkada berjalan jurdil.

Surabaya, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur mempersiapkan saksi-saksi di TPS bagi Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno, kandidat nomor dua. “Saksi-saksi ini kita siapkan agar Pilkada Jawa Timur benar-benar berjalan luber dan jurdil. Kita ingin menjaga dari segenap potensi kecurangan,” ujar Wakil Sekjen DPP PDIP Ahmad Basarah, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/5).

Salah satu tugas yang harus dilakukan para saksi adalah memastikan bahwa yang datang mencoblos pada Pilkada Jawa Timur 27 Juni 2018, adalah benar-benar warga yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap. “Selain itu, saksi harus memastikan bahwa penghitungan surat suara dan rekapitulasi suara, juga berlangsung dengan baik dan benar,” kata Basarah.

1. Saksi juga merekapitulasi dan mengawal Pilkada sampai final

Lakukan Pembekalan, Ini Tugas Saksi Pilkada Kubu Gus Ipul-Puti IDN Times/Sukma Shakti

Basarah menyampaikan bahwa di seluruh Jawa Timur, beberapa hari ini tengah berlangsung pembekalan saksi TPS bagi Gus Ipul-Puti Soekarno. Ia menegaskan hasil dari kerja saksi adalah dokumen rekapitulasi suara yang tertulis valid, ditandatangani oleh petugas KPPS.

2. Ketua DPC targetkan pembekalan saksi rampung sebelum Bulan Ramadan

Lakukan Pembekalan, Ini Tugas Saksi Pilkada Kubu Gus Ipul-Puti IDN Times/Teatrika ​Handiko Putri

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Surabaya, Whisnu Sakti Buana mengatakan, sebelum bulan suci Ramadan, seluruh pembekalan saksi sudah harus selesai di Kota Surabaya. “Sehingga kami bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan tenang, karena agenda rekruitmen dan pembekalan saksi telah rampung,” terang Whisnu. 

Selain rekruitmen saksi, PDIP Kota Surabaya juga membekali tenaga Regu Penggerak Pemilih (Guraklih). Tugas dari tim ini mengunjungi pemilih, dari rumah ke rumah, dan melaporkan hasilnya pada institusi PDIP.

"Tenaga Guraklih harus menjelaskan pada warga masyatakat, bahwa Gus Ipul-Mbak Puti adalah ‘satu paket’ dengan pencalonan Jokowi 2 periode. Semua diusung PDI Perjuangan,” kata Whisnu.

3. DPC PDIP sarankan penugasan saksi ke wilayah yang dikuasai

Lakukan Pembekalan, Ini Tugas Saksi Pilkada Kubu Gus Ipul-Puti IDN Times/Sukma Shakti

Adapun Wakil Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Sukadar, mengatakan saksi harus ditugaskan di wilayah yang dia kenal dengan baik. Ia juga memberi masukkan agar saksi ditugaskan di tempat dia tinggal. Saksi tidak boleh bertugas di wilayah yang tidak dia kenal.

Menurutnya, pengenalan wilayah, menjadi penting untuk mengenali satu per satu pemilih yang masuk ke bilik suara TPS sesuai yang tertera di Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Saksi yang tidak kenal wilayah, pasti tidak kenal para pemilih. Ini harus dihindari."

Baca juga: Kontrak Politik, Gus Ipul-Puti Akan Sokong Jokowi di Pilpres

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya