Ini Penyebab Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya

Untungnya tak ada korban jiwa.

Surabaya, IDN Times - Kebakaran yang terjadi di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza 6 Lantai 13 sempat menghebohkan pengunjung mal dan pengguna jalan. Tempat yang terbakar dan penyebabnya pun terjawab sudah.

1. Lokasi kebakaran merupakan gudang material proyek

Ini Penyebab Kebakaran di Tunjungan Plaza SurabayaDok. IDN Times/ IstimewaKepala Bidang Operasional, Bambang Vistiadi melaporkan kepada IDN Times bahwa yang terbakar gudang bahan material proyek (cat, kayu triplek dll) yang berada di Lt 13.
Selanjutnya api merambat melalui shaf bangunan (didalam shaf terdapat kabel sebagai jalur perambatan api). "Api menjalar hingga ke Lt 20 sesuai deteksi thermal panas imagine," ujarnya, Rabu (11/4).

2. Korsleting berasal dari panel listrik

Ini Penyebab Kebakaran di Tunjungan Plaza SurabayaDok. IDN Times/ Istimewa

Bambang mengatakan kebakaran ini dipicu dari korsleting yang berasal dari panel listrik yang berada di gudang proyek lantai 13. Sedangkan area yang terbakar seluas 3M² X 9M². "Titik api berawal dari Lt 13 gudang bahan proyek. Selanjutnya melalui shaf api terus naik hingga ke lantai 20," ujarnya.

3. Api menjalar menimbulkan radiasi panas merambat ke paralon

Ini Penyebab Kebakaran di Tunjungan Plaza SurabayaDok. IDN Times/ Istimewa

Bambang menambahkan, dampak dari penjalaran api di shaf akhirnya menimbulkan radiasi panas hingga akhirnya membakar beberapa barang yang mudah terbakar diantaranya paralon dan kabel sekitar dinding shaf. "Beberapa paralon dan kabel yang terbakar ada di Lt 14, 15, 16 dan 19," katanya.

Lebih lanjut, upaya penanganan melakukan pengecekan hingga lt. 26 menggunakan peralatan thermal imagine untuk mendeteksi panas dan api. Selanjutnya melakukan pemadaman berat di lt 13 dan pemadaman ringan di lt. 14, 15, 16 dan 19. "untuk memastikan tidak adanya api dan mengeluarkan panas dan asap dilakukan pelobangan dinding shaf selebar 20 cm dari Lt 14 hingga Lt 23. Lantai 13-40 masih dalam tahap finishing," paparnya.

4. Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya memastikan TKP kondusif pukul 15.15 WIB

Ini Penyebab Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya

Bambang menyebut pihaknya menerima berita pukul 12.34 WIB. Pemberita tersebut disampaikan oleh jajaran kepolisian. Tim pemadam kebakaran tiba di lokasi pada pukul 12.40 WIB.

"Pemadaman selesai pukul 13.00 WIB. Kami lakukan pembasahan dan memastikan kondusif pukul 15.15 WIB, yang kami turunkan tot 16 unit mobil pemadam kebakaean termasuk dua Bronto Skylift. Untuk korban kami nyatakan nihil" katanya.

Baca juga: Tunjungan Plaza Surabaya Kebakaran

 

Topik:

  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya