Sambangi Keluarga, Gus Ipul Harap Zaini TKI Terakhir yang Dieksekusi

Gus Ipul Harap Zaini TKI Terakhir yang Dieksekusi

Bangkalan, IDN Times - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ikut berbela sungkawa atas eksekusi mati terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Bangkalan, Muhammad Zaini Misrin Arsyad, di Arab Saudi.

Sebagai bentuk rasa duka, ia pun melayat ke kediaman mendiang yang berada, Desa Kebun, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Selasa (20/3). 

1. Gus Ipul baca tahlil bersama putra Zaini

Sambangi Keluarga, Gus Ipul Harap Zaini TKI Terakhir yang Dieksekusi IDN Times/Ardiansyah Fajar

Gus Ipul yang datang pagi hari, disambut langsung oleh keluarga mendiang. Di antaranya dua putra laki-laki mendiang, Saiful Toriq dan Mustofa Kirniawan. Mereka kemudian tampak berbincang akrab. Tak cukup dengan dialog, ia juga menyempatkan membacakan tahlil bersama keluarga. 

"Kita semua prihatin, kita semua berduka. Semoga almarhum diterima di sisi-Nya. Mari kita doakan bersama," ujarnya sesaat sebelum berdoa. 

2. Gus Ipul harapkan keadilan penuh untuk kasus ini

Sambangi Keluarga, Gus Ipul Harap Zaini TKI Terakhir yang Dieksekusi IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul memberikan dukungan penuh pada keluarga untuk mendapatkan keadilan atas kasus tersebut. Sebab, keluarga merasa penegakan hukum di Arab Saudi berlaku sepihak mengingat kasus hukum mendiang tengah berjalan. 

"Saya meneruskan protesnya keluarga yang saat ini juga sudah ditindaklanjuti oleh Kementerian Luar Negeri. Keluarga merasa bahwa eksekusi itu dilakukan tanpa pemberitahuan," kata Gus Ipul di sela kunjungannya. 

3. Gus Ipul minta pemerintah pusat mengakomodasi keluarga Zaini

Sambangi Keluarga, Gus Ipul Harap Zaini TKI Terakhir yang Dieksekusi IDN Times/Ardiansyah Fajar

Gus Ipul juga berharap bahwa hal ini menjadi perhatian pihak terkait. "Pemerintah harus mengakomodasi  protes yang diajukan keluarga. Ini sebagai bentuk perlindungan negara kepada rakyatnya," kata Wakil Gubernur Jatim dua periode ini.

Lebih lanjut, Gus Ipul pun berharap bahwa kejadian ini yang terakhir menimpa TKI asal Jawa Timur. Apalagi, hubungan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi selama ini berjalan baik.

"Baik hubungan goverment to goverment sangat baik, masyarakatnya juga sangat baik. Semestinya, ada yang bisa dilakukan. Meskipun, peraturan memang tidak mewajibkan untuk memberikan pemberitahuan terlebih dahulu," usul Gus Ipul. 

Baca juga: Begini Pesan Terakhir Zaini Sebelum Dieksekusi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya