Guru Budi Tewas di Tangan Muridnya, Warganet Ramai-ramai Mengecam

Semoga jadi insiden terakhir, ya!

Surabaya, IDN Times - Seorang guru di SMAN 1 Torjun, Sampang, Madura, tewas setelah dipukul oleh muridnya yang berinisial HZF, beberapa hari lalu. Guru tersebut bernama Achmad Budi Canyanto, baru berusia 27 tahun. Ia diduga tewas karena mengalami pendarahan di kepala.

Kabar tewasnya Achmad Budi Canyanto ini langsung direspon warganet dengan mengucapkan belasungawa. Mereka juga sekaligus mengutuk perbuatan HFZ yang dianggap tidak manusiawi. Bahkan Kementerian Pendidikan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) ikut mengunggah gambar ucapan duka cita melalui akun twitter resmi mereka.

1. Netizen melihat bobroknya mental anak sekarang

Guru Budi Tewas di Tangan Muridnya, Warganet Ramai-ramai MengecamTwitter/@AidulFA

Sejumlah warganet menilai pemukulan terhadap guru oleh murid menunjukan bobroknya mental anak zaman now. Untuk itu, mereka punya perumpamaan: jikalau guru sebagai tiang dirobohkan maka anak didiknya atau muridnya bisa ikut roboh. Seperti halnya tragedi guru budi yang menunjukkan bobroknya mental anak sekarang.

Seperti diketaui, peristiwa ini bermula dari teguran Budi kepada HZF yang sering menganggu teman-teman sekelasnya saat pelajaran melukis. Bukan malah tunduk, tersangka justru menyerang Budi dan terjadi perkelahian yang harus dilerai beberapa guru dan para siswa di kelas.

Baca juga: Pelaku Penganiayaan Guru di Sampang Terancam Dijerat UU Peradilan Anak

2. Kesedihan mendalam dari warganet

Guru Budi Tewas di Tangan Muridnya, Warganet Ramai-ramai MengecamTwitter/@Helmy_faishal_Z

Kepergian Guru Budi meninggalkan kesedihan mendalam di hati warganet. Sebagian besar warganet memposting tweet dengan ucapan bela sungkawa dengan membubuhkan tagar #gurubudi. Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia bersatu II, Helmy Faishal Zaini, juga turut memposting tweet berduka atas tragedi guru budi. Ia mengatakan dalam tweetnya perbuatan tersangka berinisial HFZ sangat keji dan tercela.

3. Semoga menjadi insiden terakhir di dunia pendidikanGuru Budi Tewas di Tangan Muridnya, Warganet Ramai-ramai Mengecam

Twitter/@sefiameliiana

Kejadian yang menimpa Budi, guru seni di SMAN 1 Torjun, Sampang bisa menjadi pelajaran yang menyadarkan semua anak bangsa. Betapa tidak, murid yang harusnya patuh terhadap guru dan berterima kasih telah diberi ilmu malah menganiyaya gurunya hingga tewas. Warganet berharap kejadian semacam ini menjadi yang terakhir. Guru menegur murid merupakan salah satu upaya membuat muridnya menjadi anak yang disiplin dan baik.

Sebelumnya ini, juga ada pemukulan terhadap guru SMAN 2 Makassar, Dasrul. Ia dipukuli wali murid lantaran telah menegur anaknya, tak terima si anak mengadu ke bapaknya lantas terjadi pemukulan. Berbeda dengan Budi, nasib Dasrul tidak sampai meninggal dunia. Ia mengalami luka pada bagian mulut dan hidung saja.

Baca juga: Murid SMA Aniaya Guru hingga Tewas, Begini Kronologinya

 

Topik:

  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya