Empat Posisi Bupati Kosong, Gubernur Lantik Pejabat Ini

Yang penting amanah!

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo melantik empat pejabat sementara (Pjs) kepala daerah. Hal ini dilakukan lantaran keempat daerah itu maju kembali sebagai petahana di Pilkada serentak 2018 ini. Pelantikan ini dilakukan di Grahadi, Selasa (13/3).

1. Empat Pjs menjabat Bupati Probolinggo, Sampang, Bangkalan dan Bojonegoro

Empat Posisi Bupati Kosong, Gubernur Lantik Pejabat IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam pelantikan ini keempat Pjs sudah ditunjuk langsung namanya oleh Soekarwo. Sebelum dilantik, mereka pun mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri. Mereka adalah pjs empat Kabupaten yakni Probolinggo, Sampang, Bangkalan dan Bojonegoro. 

Masing-masing nama tersebut yakni Kepala Bakesbangpol Jatim Jonathan Judianto menjabat Pj Bupati Sampang, Asisten I Sekdaprov Jatim Suprianto menjabat Pj Bupati Bojonegoro, Kepala Bakorwil Jember Tjahjo Widodo menjabat Pj Bupati Probolinggo dan Kepala Bakorwil Pamekasan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranu menjabat Pj Bupati Bangkalan.

Baca juga: Daripada Anggaran, Soekarwo Minta Peserta Pilgub Adu Program

2. Gubernur mengintruksikan untuk menjalankan kebijakan yang sudah ada

Empat Posisi Bupati Kosong, Gubernur Lantik Pejabat IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

Soekarwo menyampaikan kepada para Pjs untuk tetap menjalankan kebijakan yang sudah ada saja. Bahkan ia mewanti-wanti untuk tidak membatalkan perjanjian yang sudah ada. "Semuanya (kebijakan yang dijalankan utk bupati baru). kecuali membatalkan perjanjian yang sudah ada tidak boleh dibatalkan. Kedua, mutasi tidak diizinkan Mendagri lewat Gubernur dan, Tidak boleh memberikan kebijakan baru," ujar Pakde Karwo

3. Gubernur minta untuk sukseskan Pilkada Jatim

Empat Posisi Bupati Kosong, Gubernur Lantik Pejabat IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pakde Karwo menambahkan, selain melanjutkan masa kepemimpinan, mereka juga memiliki tugas mensukseskan pilkada. "Kalau pilkada netralitas PNS itu keharusan. Ini Matangnya aparatur sipil negara, untuk melakukan demokrasi, karena dia bukan politisi. Tentang kesukaannya di hati silakan, negara tidak memiliki wewenang untuk melarang itu," jelasnya.

4. Pj Bupati Sampang langsung tancap gas

Empat Posisi Bupati Kosong, Gubernur Lantik Pejabat IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Pj Bupati Sampang, Jonathan Judianto langsung tancap gas pasca pelantikan ini. Ia menyampaikan besok (14/3) akan mengadakan rapat staf di Sampang. "Besok kami baru rapat staf tapi beberapa isu memang ada seperti kemiskinan, kesenjangan, sampai infrastruktur. Makanya kami akan pelajari dulu, yang jelas saya bersama legislatif dan seluruh forkopimda akan menjalankan amanat yang diberikan Pak Gubernur," kata Jonathan.

Baca juga: Jelang Purna Tugas, Soekarwo Masih Sisakan Satu PR Besar Ini

Topik:

Berita Terkini Lainnya