Emil Tawarkan Pengelolaan Energi Terbarukan Jika Terpilih

Dari biogas sampai energi surya.

Surabaya, IDN Times - Calon Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak menanggapi perrtanyaan tentang pengelolaan energi yang belum memenuhi standar. Jika nantinya terpilih, ia bejanji akan membuat beberapa solusi agar energi terbarukan bisa diterapkan merata di Jatim.

1. Emil tawarkan energi terbarukan surya, bio gas hingga solar sel

Emil Tawarkan Pengelolaan Energi Terbarukan Jika Terpilih

Emil mengatakan bahwa dirinya sebenarnya sudah berjibaku mengurus listrik di daerah. Ia menilai, potensi menggunakan energi sumber daya terbarukan dengan beberapa opsi masih banyak yang bisa diterapkan di Jatim. "Kita masih ada opsi energi surya, ada bio gas bukan hanya menghasilkan listrik bisa juga air. Kita bicara bio gas, lampu penerangan sudah dengan solar sel. Kita akan ajukan jika konsep listrik mandiri ke Menteri ESDM dan PLN," ujarnya.

2. Energi sampah sudah diterapkan bahkan bisa dijual

Emil Tawarkan Pengelolaan Energi Terbarukan Jika TerpilihIDN Times/Rosa Folia

Selain itu, Emil menyebut kalau pengelolaan energi listrik di Jatim ada yang bersumber dari sampah. Menurutnya beberapa kabupaten/kota juga sudah menerapkannya misalnya di Surabaya. "Namun, sebenarnya yang harus dibenahi yaitu sistem dengan PLN. PLN harus bisa membangun harga listrik terbarukan, saat ini listrik sampah sudah disupply namun belum bisa dijual kepada PLN," kata Emil.

3. Emil soroti 7 ribu biogas di Jatim masih kurang

Emil Tawarkan Pengelolaan Energi Terbarukan Jika Terpilih

Lebih lanjut, Emil juga menanggapi saat ini di Jatim sudah memiliki tujuh ribu energi biogas. Tetapi, menurutnya jumlah tersebut masih jauh dari kapasitas untuk memenuhi kebutuhan warga Jatim. "Padahal bio gas ini bisa untuk memanaskan air. Airnya bisa membantu untuk para peternak sapi perah. Bisa digunakan meneras. Tapi perlu diingat jumlah itu masih harus ditingkatkan lebih lagi," kata Emil.

Topik:

Berita Terkini Lainnya