Elpiji Disumpal Mentega, 5 Orang Jadi Korban Ledakan

Lah?

Surabaya, IDN Times - Warga di kawasan Ngagel Rejo Surabaya digegerkan dengan suara ledakan dan kobaran api. Sumber suara itu ternyata berasal dari sebuah elpiji di Restauran Barbar di Jalan Ngagel Rejo 41 Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Rabu (21/2).

Meski pemadam kebakaran tiba tak lama setelah itu, namun, kejadian ini membuat beberapa karyawan menderita luka bakar. Berikut kronologisnya.

1. Berawal dari elpiji bocor yang dimasukkan ke bak air

Elpiji Disumpal Mentega, 5 Orang Jadi Korban LedakanDok.IDN Times/Istimewa

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh IDN Times, elpiji yang meledak berukuran 12 kg yang terletak di dapur restauran. Kejadian ini terjadi pada pukul 15.53 WIB. Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Pemkot Surabaya, Bambang Vistiadi menjelaskan kronologinya.

Awalnya, kata Bambang, seorang karyawan bernama Meidy sedang mengecek elpiji yang bocor. Bukannya diamankan, tabung tersebut malah ditambal dengan mentega dan membuat kerusakan semakin membesar.

Elpiji Disumpal Mentega, 5 Orang Jadi Korban LedakanDok. IDN Times/Istimewa

Meidy kemudian meminta bantuan teman-temannya untuk menangani elpiji tersebut. Mereka kemudian memasukkan elpiji itu ke bak air. Namun, kebocoran tabung ternyata semakin  membesar yang menimbulkan percikan listrik dan mengakibatkan ledakan. "Mas Meidy selamat karena sudah menyelamatkan diri duluan, keluar restauran," ujar Bambang saat dihubungi IDN Times, Rabu (21/2).

2. Lima karyawan alami luka bakar parah

Elpiji Disumpal Mentega, 5 Orang Jadi Korban LedakanDok. IDN Times/Istimewa

Sewaktu elpiji meledak dan membakar restauran, ternyata masih ada lima orang karyawan di dapur. Nahas, mereka mengalami luka bakar yang cukup parah sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soetomo.

Korban tersebut yakni Adi Setia Jaya (24) kedua kaki mengalami luka bakar. Ayu Retno Ningtias (22), kedua kaki mengalami luka bakar. Dwiki Eko Darmawan (22) kedua kaki mengalami luka bakar.

Selanjutnya Ario Wibowo (30) mengalami luka bakar dan Hendro Budi Prastia (24) warga Banjaran Kediri, mengalami Luka bakar pada sekujur tubuh kurang lebih 70 persen. "Keseluruhan dalam kondisi sadar dan mendapatkan perawatan dari RSUD dr. Soetomo dan di dampingi oleh rekan kerja korban," ucap Bambang.

3. Dipastikan kondusif pukul 16.25 WIB

Elpiji Disumpal Mentega, 5 Orang Jadi Korban LedakanDok. IDN Times/Istimewa

Bambang mengatakan bahwa lokasi dinyatakan kondusif pada pukul 16.25 WIB. Sebelumnya saat laporan pada pukul 15.53 WIB, petugas dari Unit Pos Sukolilo berhasil di TKP pasa pukul 15.58 WIB. "Lokasi kebakaran sudah diberi police line."

Baca juga: Kebakaran 500 Rumah di Jakarta Barat Akibat Bisikan Gaib?

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya