Debat Pilkada Jatim, Suasana Pendukung Sempat Memanas

Untungnya polisi bisa mengendalikan situasi.

Surabaya, IDN Times - Suasana jelang Debat Pilkada 2018 di Dyandra Convention Center sempat memanas. Para simpatisan kedua paslon sudah meramaikan lokasi sejak pukul 17.30 WIB. Padahal, acara debat perdana ini baru akan dimulai pukul 19.30 WIB, Selasa (10/4).

1. Ratusan pendukung Khofifah-Emil sudah memadati pintu masuk sisi selatan

Debat Pilkada Jatim, Suasana Pendukung Sempat MemanasIDN Times/Ardiansyah Fajar

Dari pantauan IDN Times, terlihat ratusan pendukung Paslon Cagub nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak. Berbagai pernak pernik mereka bawa, ada yang membawa spanduk dukungan partai bertuliskan "Wes Wayahe!". 

Tak sedikit membawa kertas dengan gambar raja dangdut Rohma Irama dengan label nomor satu. Mereka juga menyanyikan lagu Wes Wayahe Ibu Khofifah sembari mengacungkan jari satu.

2. Khofifah Emil diarak musik rebana

Debat Pilkada Jatim, Suasana Pendukung Sempat MemanasIDN Times/Ardiansyah Fajar

Setelah ditunggu-tunggu, tepat pukul 18.30 WIB, paslon nomor urut satu pun diberi datang ke Dyandra Convention Center terlebih dahulu.

Kedatangannya disambut meriah, bahkan diarak dengan musik rebana. "Wes wayahe ibu Khofifah, biyen Pakde saiki Budhe," gaungan suara itulah yang ramai terdengar ketika mereka datang.

3. Dominasi warna merah pendukung Gus Ipul-Puti tak mau kalah

Debat Pilkada Jatim, Suasana Pendukung Sempat MemanasIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak mau kalah dengan pendukung sebelah, simpatisan Gus Ipul-Puti yang didominasi dengan dresscode warna merah pun datang dengan jumlah ratusan. Mereka bersorak sorai sembari menyanyikan lagu "Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur". 

Ada pula yang memakai topeng bergambar Gus Ipul maupun Puti Guntur Soekarno. Selain itu, sticker bergambarkan Gus Ipul-Puti dan pernak pernik seperti replika jari nomor dua juga diperlihatkan dari pendukungnya.

4. Gus Ipul-Puti datang dengan wajah sumringah menyapa pendukungnya

Debat Pilkada Jatim, Suasana Pendukung Sempat MemanasIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Gus Ipul-Puti akhirnya tiba di lokasi pada pukul 19.15. WIB. Karena bernomor urut dua, paslon yang satu ini diberi jatah oleh KPU Jatim untuk datang setelah pasangan sebelumnya. Dengan raut wajah sumringah, Gus Ipul-Puti menyapa para simpatisannya yang mengeluh-eluhkan namanya. Kedatangannya diiringi musik tradisional angklung dikombinasi perkusi modern berupa drum.

5. Kedua simpatisan nyaris ricuh

Debat Pilkada Jatim, Suasana Pendukung Sempat MemanasIDN Times/Ardiansyah Fajar

Panasnya Debat Pilkada Jatim perdana ini semakin terasa. Kedua pendukung mulai terlihat beramarah saat saling adu chant. Mulanya pendukung Khofifah-Emil menyanyikan lagu "Wis wayahe Ibu Khofifah". Tak lama, pendukung Gus Ipul-Puti meniru lagu tersebut jadi "Wis wayahe kalah maneh" yang tujuannya itu menyindir Khofifah karena dua perhelatan Pilkada lalu, dia harus menerima kekalahan dari Soekarwo-Gus Ipul.

Sontak para polisi yang bertugas menjaga keamanan membuat pagar di antara keduanya. Lebih panas lagi, saat Gus Ipul-Puti tiba para simpatisannya memaksa masuk ke pintu VIP. Alhasil keributan kecil sempat terjadi antara pendukung Gus Ipul-Puti dengan polisi. Beruntung, polisi bisa mengendalikan situasi.

Baca juga: Jelang Debat, Khofifah Sempatkan Ziarah ke Makam Sunan Ampel

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya