Debat Pilkada Jatim, Polisi Siagakan 1.200 Personel

Simpatisan harus menonton dari luar gedung.

Surabaya, IDN Times - Jelang debat kedua Pilkada Jatim 2018, Kepolisian Daerah (Polda) Jatim telah menyiapkan ribuan personel untuk mengamankan jalannya acara. Acara ini nantinya akan digelar di Dyandra Convention Center Surabaya, pukul 19.30 WIB. Sebagai penyelenggara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim telah menyiapkan kuota sebanyak 150 orang. Nah, bagi simpatisan lain harus bersabar menunggu di luar gedung.

1. Sebanyak 1.200 personel disiapkan untuk menjaga keamanan

Debat Pilkada Jatim, Polisi Siagakan 1.200 PersonelIDN Times/Margith Juita Damanik

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, pada debat kedua ini, polisi menyiagakan 1.200 personel untuk menjaga keamanan. Keseluruhan personel terdiri dari jajaran Polda Jatim, Brimob dan Polrestabes Surabaya. "Dari polisi kami bersama Polrestabes Surabaya dan Brimob akan menjaga jalannya debat. Harapan kami tidak ada hal yang di luar keinginan kami, supaya acara debat kedua ini tetap kondusif," ujarnya, Selasa (8/5).

2. Ada 750 personel berseragam, 450 personel pakaian preman

Debat Pilkada Jatim, Polisi Siagakan 1.200 PersonelIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, Frans mengatakan untuk pembagian personelnya, sebanyak 750 dari Polrestabes Surabaya, 150 dari Brimob, dan 300 dari Polda Jatim. Ribuan personel ini tidak semuanya memakai seragam, namun juga ada beberapa yang sengaja mengenakan pakaian biasa untuk menyamar atau pakaian preman. "Uniform atau berseragam kita siapkan 750, sedangkan pakaian preman 450," ujarnya.

Baca juga: Jelang Debat Kedua, Gus Ipul Pilih Sowan ke Kiai Madura

3. Petugas akan lakukan sterilisasi sejak pukul 16.00 WIB

Debat Pilkada Jatim, Polisi Siagakan 1.200 PersonelDok. IDN Times/Istimewa

Sementara, untuk sterilisasi lokasi akan dilakukan sejak pukul 16.00 WIB. Selain itu akan dipasang security door, dilanjutkan apel konsolidasi di waktu yang sama. Penempatan petugas jaga pun dibagi menjadi tiga ring. Rinciannya, ring satu berada dalam gedung, ring dua di dalam gedung dan ring tiga di sekitar Jl. Basuki Rahmat Surabaya.

Baca juga: Debat Pilgub Jatim, Tim Khofifah Mengaku Siapkan Kejutan

 



Topik:

Berita Terkini Lainnya