Kedua Kandidat Sebut PR Bidang Ekonomi Cukup Banyak

Tumben sepakat.

Surabaya, IDN Times - Debat Pilkada Jatim 2018 kedua mengambil tema 'Ekonomi Pembangunan'. Tema ini pun menjadi sorotan penting dari kedua pasangan, baik Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak maupun Saifullah Yusuf (Gus Ipul)- Puti Guntur Soekarno. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Eko Sasmito dalam sambutannya mengatakan berharap adanya debat ini bisa menarik publik untuk menentukan pilihannya di 27 Juni nanti.

1. Khofifah sebut petumbuhan ekonomi Jatim sudah baik namun harus ditingkatkan

Kedua Kandidat Sebut PR Bidang Ekonomi Cukup BanyakIDN Times/Rosa Folia

Cagub nomor urut satu, Khofifah mengatakan bahwa ekonomi Jatim sebenarnya sudah menjadi penyangga pangan nasional. Untuk itu, para petani harus mendapatkan proteksi ketika panen raya dan jaminana infrastruktur.

"Infrastruktur tidak hanya di ring satu, bisa daerah lingkar selatan, daerah kepulauan. Kami ingin bangun Rumah Sakit Apung di daerah kelulauan. Karena Jatim PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) terbesar setelah DKI Jakarta. Saatnya kita bersama sama kerja bersama. Berharap kebersamaan di Jatim," jelasnya.

2. Gus Ipul nilai masih banyak PR untuk Ekonomi Pembangunan Jatim

Kedua Kandidat Sebut PR Bidang Ekonomi Cukup BanyakIDN Times/Rosa Folia

Sementara, Cagub nomor urut dua, Gus Ipul untuk membangun ekonomi di Jatim masih ada dua hal pokok yang harus dibenahi yakni kesenjangan ekonomi dan mendorong kolaborasi gotong royong kemudian mensinergikan kekuatan untuk daya saing. "Pertumbuhan ekonomi Jatim sudah di atas rata rata nasional. Pengangguran ditekan di bawah rata rata nasional. Tapi kita punya PR, ada agenda prioritas. Pertama pembelaan UMKM dan koperasi. Kedua penumbuhan pusat ekonomi baru supaya pemerataan terjadi. Ketiga membangun infrastruktur," kata Gus Ipul.

3. Tema ekonomi pembangunan sesuai dengan proker keduanya

Kedua Kandidat Sebut PR Bidang Ekonomi Cukup BanyakIDN Times/Rosa Folia

Debat kali ini berlangsung ketat. Pasalnya kedua paslon sangat menyoroti bagaimana kondisi ekonomi meskipun di atas rata-rata nasional. Kedua paslon juga sudah merancang dalam program kerjanya untuk ekonomi pembangunan. Khofifah-Emil memiliki Nawa Bhakti Cita yang meliputi Jatim Sejahtera dan Jatim Akses. Sedangkan Gus Ipul-Puti memiliki program kerja unggulan yang di dalamnya yakni ada PKH Super diciptakan untuk melengkapi Program Keluarga Harapan (PKH) yang dikembangkan Presiden Joko Widodo.

Topik:

Berita Terkini Lainnya