Debat Perdana Pilkada Jatim, Polisi Kerahkan 1000 Personil

Akan ada ratusan massa yang berkumpul di lokasi debat.

Surabaya, IDN Times - Pelaksanaan debat Pilkada Jatim yang akan digelar Selasa malam (10/4) mendapat atensi khusus dari pihak Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya. Kepolisian pun mempersiapkan format pengamanan khusus pada acara yang akan dilaksanakan di Dyandra Convention Center Surabaya ini.

1. 1.000 personil yang diturunkan Polrestabes Surabaya

Debat Perdana Pilkada Jatim, Polisi Kerahkan 1000 PersonilIDN Times/Rudy Bastam

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Rudi Setiawan mengungkapkan akan menurunkan sedikitnya 1000 personil atau sepertiga kekuatan guna pengamanan debat publik perdana peserta Pilgub Jatim 2018. Mereka akan mengantisipasi kemungkinan pengerahan massa pendukung yang akan memenuhi sekitaran lokasi. 

"Personil yang diturunkan akan berasal dari beberapa unsur gabungan, mulai berseragam atau tanpa seragam, reserse atau intel," ujar Rudi, Senin (9/4).

2. Polisi prioritaskan dua jam sebelum dan satu jam seusai debat

Debat Perdana Pilkada Jatim, Polisi Kerahkan 1000 PersonilIDN Times/Ardiansyah Fajar

Rudi menambahkan, pengamanan akan dilakukan di lokasi debat sejak pagi sampai selesai acara. Polisi juga akan memberlakukan jam prioritas, yakni dua jam sebelum berlangsungnya dimulai debat, dan satu jam seusai debat. "Kami juga akan melakukan rekayasa lalu lintas, jika situasi di sekitar lokasi debat menunjukkan situasi kemacetan," kata Rudi.

Selain itu, polisi juga mempelajari terkait siapa saja undangan VIP dan jumlah peserta yang diundang pada debat publik tersebut, kemudian alokasi waktu pelaksanaan debat.  "Kita masih menganalisa lagi, berapa kebutuhan personil dan penempatannya. Apa yang dibutuhkan lagi, misalkan alat alat bantu kendaraan lain," tambahnya.

3. Polda Jatim juga berikan back up pengamanan

Debat Perdana Pilkada Jatim, Polisi Kerahkan 1000 PersonilIDN Times/Sukma Shakti

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menambahkan, pihaknya juga akan memberikan back-up pasukan kepada Polrestabes Surabaya. Pasukan akan dikerahkan di area gedung pertemuan maupun di luar gedung. 

"Yang uniform atau berseragam ada 300 personil dan tanpa seragam 400 personil. Mereka akan bergabung bersama anggota Polrestabes," ujarnya via pesan tertulis.

Baca juga: Angkat Tema Kesejahteraan, Debat Pilkada Jatim Akan Diramaikan Ari Lasso

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya