Meski Indah, Dampak "Super Blue Blood Moon" Ini Perlu Diwaspadai

Menikmati sembari mewaspadai

Surabaya, IDN Times - Fenomena "Super Blue Blood Moon" akan terjadi dan bisa dinikmati oleh kasat mata pada malam ini. Peristiwa ini membuat bulan akan tampak lebih dekat dengan bumi, ukurannya pun lebih besar. Tak sampai di situ, bulan juga akan mengalami gerhana pada fase selanjutnya yang dikatakan Blood Moon. 

Kondisi ini tentu membuat fenomena ini dinanti oleh masyarakat. Apalagi, kejadian serupa terakhir terjadi 36 tahun lalu.  Meski akan terlihat lebih indah, namun fenomena ini juga membawa dampak yang perlu diwaspadai.

1. Waspada hujan ringan dan lebat disertai petir di beberapa wilayah

Meski Indah, Dampak Super Blue Blood Moon Ini Perlu DiwaspadaiANTARA FOTO/Fanny Octavianus

BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini cuaca hari ini. Mereka meminta masyarakat untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Beberapa daerah yang akan terdampak kondisi ini antara lain, Surabaya, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Pasuruan, Ponorogo, Bondowoso, Situbondo, Trenggalek, Tulungagung, Jombang, Blitar, Lumajang, Pacitan, Banyuwangi, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, Gresik, Sidoarjo dan Malang.

BMKG Juanda juga mengimbau untuk mewaspadai ketinggian gelombang yang mencapai 3,5- 4 meter. Ombak tersebut diprediksi  berada di Laut Jawa bagian Timur, Perairan Kep. Masalembu, Perairan Pulau Bawean, Perairan Utara Jatim, dan Perairan Kep. Kangean, Perairan Selatan Jatim, dan Samudera Hindia Selatan Jatim.

Baca juga: 7 Tips Mengabadikan Super Blue Blood Moon Biar Foto Kamu Lebih Keren!

2. Banjir rob 20 cm

Meski Indah, Dampak Super Blue Blood Moon Ini Perlu DiwaspadaiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Fenomena super blue blood moon malam ini pastinya berdampak terhadap pasangnya air laut. Maka dari itu BMKG Tanjung Perak, Surabaya pun mengeluarkan imbauan kepada para nelayan untuk tidak melaut. Bahkan, pihak BMKG memperingatkan kemungkinan banjir di sejumlah wilayah yang berbatasan dengan laut. 

"Akan ada genangan air laut daratan (rob) pada pukul 21.00-23.00 WIB. Wilayahnya Surabaya Utara, Surabaya Timur, Pesisir Selatan Jawa Timur dan sekitarnya serta Pesisir Selatan Selat Madura. Ketinggian pasang air lautya 120-140 cm. Mengakibatkan rob 20 cm di wilayah yang tergenang," ujar Forcester On Duty BMKG Tanjung Perak, Ratna Cintya Dewi, kepada IDN Times Rabu (31/01).

3. Bisa mengakibatkan tambak jebol alias meluap

Meski Indah, Dampak Super Blue Blood Moon Ini Perlu DiwaspadaiIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Ratna juga meminta para warga yang tinggal di dekat lau untuk waspada. Sebab, banjir rob akan membuat kapasitas air di tambak naik. "Sehingga bisa saja tambak warga meluap lantas jebol yang akan mengakibatkan petani tambak merugi."

"Dampaknya ya pasang air laut maksimum, untuk genangannya bisa sampai tanggal 1 Februari. Masyarakat terus diimbau untuk memantau cuaca dan gelombang dari BMKG," pungkasnya.

Baca juga: [Kaleidoskop 2017] 12 Potret Fenomena Bulan yang Paling Indah

Topik:

Berita Terkini Lainnya