Bos Abu Tours Tersangka, Calon Jemaah Umrah di Surabaya Gelisah

Ada yang sudah menunggu setahun tapi tak ada kejelasan

Surabaya, IDN Times - Tertangkapnya pemilik Abu Tours Traver Umrah, Abu Mamba Hamzah pada Jumat (23/3) lalu membuat gelisah para calon jemaah umrah di Surabaya. Dari pantauan IDN Times di kantor agen yang terletak di Ruko Grand Ahmad Yani, Surabaya, Senin (26/3), terlihat beberapa calon jemaah yang sedang menunggu di depan kantor.  

1. Calon jemaah mengaku belum mendapat kejelasan

Bos Abu Tours Tersangka, Calon Jemaah Umrah di Surabaya GelisahIDN Times/Ardiansyah Fajar

Salah seorang calon jemaah umrah, Suliyono warga Wonokromo Surabaya mengaku bingung dengan nasibnya. Dia khawatir soal kepastian umrahnya. Ia mengatakan bahwa seharusnya mendapat jatah keberangkatan pada bulan Maret ini. Namun, hingga saat ini, ia tak kunjung diberangkatkan. Lantaran dianggap tak jelas, Sulistiyono pun meminta pengembalian dana.

"Iya saya minta refund katanya ada potongan Rp 500 ribu. Saya sudah lunas bayar Rp 16,12 juta, itu paspor dan kartu sehat ngurus sendiri. Mereka janji bisa mengembalikan tapi tidak tahu batas waktunya kapan," ujar Sulistiyono.

2. Ada calon jemaah yang masih berharap bisa berangkat tahun ini

Bos Abu Tours Tersangka, Calon Jemaah Umrah di Surabaya GelisahIDN Times/Ardiansyah Fajar

Beda lagi dengan Yusuf. Calon jemaah asal Tuban ini berharap masih bisa menikmati ibadah umrah tahun ini. Ia mengeluh karena setiap bulan harus bolak balik ke Surabaya karena kantor agen yang ada di daerah sudah tutup. Ia bersama istri mengaku sudah melunasi semuanya.

"Saya sudah bayar Rp 32 juta bersama istri. Sudah urus paspor dan kartu sehat. Harusnya Januari saya sudah berangkat, tapi ini ada kendala, dijanjikan Oktober itu tidak nambah lagi.  Ya saya ikut saja prosedurnya meski gak ada jaminan apa-apa," ujarnya.

Baca juga: Wanita Ini Meninggal di Pesawat Usai Melaksanakan Umrah

3. Ada yang dijanjikan uang kembali 90 hari tapi tanpa jaminan

Bos Abu Tours Tersangka, Calon Jemaah Umrah di Surabaya GelisahIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sedangkan salah seorang calon jemaah, Ponijan asal Surabaya mengaku sudah mengantre satu tahun lamanya. Namun sampai sekarang tak kunjung berangkat. Ia juga mulanya mendapat jatah pada bulan Maret ini berangkat. Tetapi saat mengetahui berita kalau pemilik Abu Tours ditangkap di Makassar, ia pun meminta untuk uangnya di kembalikan saja.

"Saya minta dikembalikan saja. Saya ini sudah lunas Rp 32 juta mau berangkat sama istri. Daripada risiko, mending saya minta uang lagi, tadi dijanjikan 90 hari. Ya kalau 3 bulan ini tidak kembali digedor-gedor saja. Dipotong tidak apa-apa pokoknya uang saya bisa kembali," ungkapnya.

Baca juga: Hadir sebagai Saksi, Vicky Shu Pernah Digratiskan Umrah First Travel 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya