Bertemu Gonzales, Gus Ipul Ingin Jadikan Jatim Barometer Sepak Bola ASEAN

Pokok e gak tawuran.

Surabaya, IDN Times - Calon Gubernur Jatim nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ingin menjadikan Jawa Timur sebagai barometer sepak bola di Asia Tenggara. Jawa Timur, kata dia, memiliki semuanya, tinggal bagaimana meminimalisir perkelahian atau bentrok antar suporter bola.

“Pekerjaan rumah kita yang terberat tinggal satu, yaitu bagaimana pertandingan sepak bola di Jatim tanpa ada tawuran. Makanya kita ajak seluruh suporter bola guyub rukun, supaya Jawa Timur bisa menjadi kiblat sepak bola Asia Tenggara,” ujar Gus Ipul saat Ngopi Bareng bersama Christian Gonzales di D’Bungkul Surabaya, Kamis (19/4).

1. Harapkan Jatim jadi kiblat sepak bola di Asean

Bertemu Gonzales, Gus Ipul Ingin Jadikan Jatim Barometer Sepak Bola ASEANIDN Times/Ardiansyah Fajar

Gus Ipul mengatakan, predikat bahwa Jatim bisa jadi kiblat sepak bola di Asia Tenggara paling tidak sudah bisa dibuktikan dengan ditunjuknya Sidoarjo sebagai lokasi pertandingan piala AFF U 16 dan AFF U 19 pada Juli -Agustus 2018.

“Mari kita sama-sama tunjukkan Jawa Timur layak menjadi kiblat sepak bola Asia Tenggara dan sukseskan penyelenggaraan dan prestasi piala AFF U 16 dan U 19 di Jatim,” harapnya. Ia mengakui sepakbola bukan hanya menjadi industri olahraga, tetapi juga mampu menumbuhkan industri kreatif baik yang dikeloa oleh para pemain, mantan pemain maupun suporter.

2. Akan genjot berdirinya SSB di Jatim

Bertemu Gonzales, Gus Ipul Ingin Jadikan Jatim Barometer Sepak Bola ASEANIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, Gus Ipul menyatakan jika dirinya diberi amanat memimpin Jatim, infrastruktur seperti lapangan bola di desa-desa supaya layak untuk berlatih sepak bola. Sedangkan untuk meningkatkan SDM dan profesionalitas pemain, pihaknya akan mendorong berdirinya SSB untuk pembinaan usia dini hingga bisa melahirkan pemain-pemain hebat. “Itu tak mungkin dilakukan sendiri oleh pemerintah, tapi akan bekerjasama dengan pihak swasta dan praktisi bola tentunya,” kata dia.

3. Gonzales dan istri akui Jatim punya atmosfer bagus untuk sepak bola

Bertemu Gonzales, Gus Ipul Ingin Jadikan Jatim Barometer Sepak Bola ASEANIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Eva Gonzales yang mendampingi suaminya mengaku senang dengan kondisi sepak bola di Indonesia. Bahkan, dirinya gembira karena kondisi sepak bola Indonesia semakin lebih baik dibanding awal dia masuk ke Indonesia. “Banyak pemain bagus dan tim yang bagus serta suporternya yang luar biasa,” jelas Eva.

Khusus Surabaya, Eva mengakui atmosfer sepak bolanya luar biasa dan mengetarkan jiwa. Bahkan setelah lama tak main di Jatim ternyata dukungan Bonek Mania masih sangat luar biasa. “Jatim itu menjadi legend bagi Gonzales, ” tuturnya.

Baca juga: Jembatan Ambruk, Gus Ipul Minta Pemerintah Pusat Turun Tangan

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya