Bersih-bersih Pasar, Risma Bongkar "Kerajaan" Kecoa dan Tikus

Bahkan, ada kecoa yang terbang hinggap ke kepala Risma

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mendapat kesan yang menarik pada kegiatannya kali ini, Senin (5/3). Betapa tidak, bermula hanya meninjau saluran air dan sungai kawasan Dinoyo, Surabaya, ia malah membersihkan Pasar Keputran Selatan lantaran kondisinya yang kotor. Tak betah melihat hal itu, Risma turun tangan untuk membersihkan area depan pasar.

1. Temukan "kerajaan" kecoa

Bersih-bersih Pasar, Risma Bongkar Kerajaan Kecoa dan TikusIustrasi/dreamstime.com

Saat Risma membersihkan Pasar Keputran Selatan ada hal yang mengagetkannya. Berniat memindahkan tumpukkan kayu yang ada di depan pasar karena mau disemprot dengan air tekanan tinggi, ia justru menemukan banyaknya kecoa. Tak ayal, kecoa itu berlari sempoyongan karena rumahnya dibongkar Wali Kota. Bahkan, ada kecoa yang terbang hinggap ke kepala Risma. "Hasilnya tadi saya temukan kerajaan kecoa di sini."

Baca juga: Saat Risma Turun Tangan Bersihkan Pasar Keputran

2. Sempat bongkar sarang tikus juga

Bersih-bersih Pasar, Risma Bongkar Kerajaan Kecoa dan TikusIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak hanya kecoa, di balik kayu bertumpuk milik pedagang kaki lima (PKL) juga terdapat koloni tikus. Saat dibongkar, tikus tersebut lari bak banci yang dikejar Satpol PP. Kejadian lucu terekam saat seekor tikus sempat menabrak Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini. "Ini kotor sekali. Makanya saya yang turun karena kalau satu-satu SKPD itu tidak berani. Ini juga ditempati PKL biasanya jadi jarang dibersihkan," kata Risma.

3. Aksi Risma isyarat ke warga Surabaya untuk bersihkan sekitarnya

Bersih-bersih Pasar, Risma Bongkar Kerajaan Kecoa dan TikusIDN Times/Ardiansyah Fajar

Aksi Risma menjadikan pelajaran sendiri bagi warga Surabaya khususnya pedagang pasar. mereka mengaku kagum dengan aksi tersebut. "Wah keren Bu Risma mau bersihkan," kata seorang wanita pedagang pisang. "Ngeneki gak enak dewe ngopi karo nyawang Bu Risma resik-resik (kalau gini gak enak sendiri ngopi malah lihat Bu Risma bersih-bersih," sahut pria yang sedang nongkrong di warung kopi area pasar.

 

Baca juga: Banyak Rumah Potong Buang Darah ke Sungai, Ini Respons Risma

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya