Antisipasi Kekerasan Anak, Surabaya Pasang CCTV di 50 Sekolah

Buat yang suka nyontek juga bakal ketahuan

Surabaya, IDN Times - Maraknya kekerasan anak dan kejahatan seks terhadap anak di bawah umur disoroti serius oleh Pemerintah Kota Surabaya. Melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, pemkot mulai menambah kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV) di area sekolah. 

1. Pasang CCTV di 50 sekolah

Antisipasi Kekerasan Anak, Surabaya Pasang CCTV di 50 Sekolaha2btechnologies.co.uk

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub, Robben Rico mengatakan pihaknya telah mendapat intruksi langsung dari wali kota untuk memasang CCTV di sekolah-sekolah. Upaya ini tak lepas dari maraknya kasus penculikan dan pencabulan anak. "Fokusnya di sekolah yang cukup ramai. Ada 50 lokasi sekolah yang kami pasang CCTV, targetnya SD dan SMP. Contohnya di SMPN 19 Surabaya dan SD Budi Pekerti," ujar Robben saat ditemui di Taman Surya, Rabu (28/2).

2. CCTV sudah terpasang di 20 sekolah, target selesai Maret

Antisipasi Kekerasan Anak, Surabaya Pasang CCTV di 50 SekolahIustrasi/Solucionesparati.com.mx 

Robben mengungkapkan, Dishub saat ini telah memasang CCTV di 20 sekolah. Menurutnya pemasangan kali ini bertahap sehingga tidak langsung begitu saja terpasang. "Dicicil penyambungan jaringannya juga butuh waktu. Kami target semua terpasang akhir Maret," ucapnya.

Baca juga: Amankan Lalu Lintas Jakarta, Polisi Manfaatkan CCTV dan Media Sosial

3. CCTV dimonitor langsung oleh Dishub, ke depan juga bisa terhubung Polrestabes

Antisipasi Kekerasan Anak, Surabaya Pasang CCTV di 50 SekolahIlustrasi/oomph.com

Lebih lanjut, Robben menambahkan bahwa CCTV yang terpasang di sekolah-sekolah tidak hanya untuk monitoring pihak sekolah saja. Ia mengatakan, pengawasan ini dikelola langsung oleh pihak pemkot. "Monitoringnya langsung dari kami. Makanya itu jaringannya butuh waktu, kalau untuk ke Polrestabes, jika pihak kepolisian menginginkan kami akan beri akses biar dapat monitoring juga," pungkas Robben. 

Baca juga: Pasca Dirundung Teror, Bupati Sleman Usul Pasang CCTV di Rumah Ibadah

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya