Angkat Tema Kesejahteraan, Debat Pilkada Jatim Akan Diramaikan Ari Lasso

Sayang gak ada Nella Kharisma sama Via Vallen.

Surabaya, IDN Times - Debat Pilkada Jawa Timur putaran pertama akan digelar oleh KPU Selasa (10/4). Sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh KPU, mulai spot area yang ada di Dyandra Convention Center hingga batas kuota para pendudukan antara dua paslon Pilkada yakni Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti. Tak lupa, KPU Jatim juga memberikan arahan kepada seluruh awak media yang akan meliput.

1. Debat pertama bertema kesejahteraan rakyat, meliputi kesehatan hingga pendidikan

Angkat Tema Kesejahteraan, Debat Pilkada Jatim Akan Diramaikan Ari LassoIDN Times/Sukma Shakti

Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, pada debat pertama Pilkada Jatim KPU memilih tema kesejahteraan yang terdiri dari beberapa sub tema. Yakni kebijakan bidang pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, keagamaan, sosial budaya, sosial kemasyarakatan dn konflik sosial serta bidang ideologi HAM, kebangsaan, kepemudaan, dan keperempuanan. "Ini sesuai dengan visi misi program kedua paslon," ujarnya, Senin (9/4).

Baca juga: Ikuti Jalan Sehat HUT-45 PDIP, Gus Ipul Yakin Menang di Pilkada Jatim

2. Empat panelis dan Ari Lasso siap meramaikan debat

Angkat Tema Kesejahteraan, Debat Pilkada Jatim Akan Diramaikan Ari LassoIDN Times/Sukma Shakti

Lebih lanjut, debat ini nanti akan diikuti tim panelis di antaranya, Nunuk Nuswardani (Akademisi Hukum Administrasi Negara UTM), Abdul Chalik (Akademisi Politik dan Pemerintahan Lokal dan Perbandingan Kelembagaan Negara UINSA), Luthfi J. Kurniawan (Aktivis Anti Korupsi) dan Fauzan (akademisi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMM).

"Debat perdana akan ditayangkan secara langsung (live) di Trans Media Grup televisi dan INews TV, Selasa (10/4) mulai pukul 19.30 sampai dengan 21.30. Durasi dua jam tersebut dibagi menjadi enam segmen dan dikawal oleh dua orang moderator, Alfitto Deannova dan Annisa," jelas Gogot.

Nantinya, masing-masing calon akan diberikan kesempatan untuk pendalaman visi-misi, studi kasus dari para panelis, dan debat terbuka oleh masing-masing calon. Acara debat juga akan dihibur oleh dua artis asal Surabaya, Ari Lasso dan Giselle Marten.

3. Debat juga memberikan porsi kepada Cawagub untuk mengeksplorasi diri

Angkat Tema Kesejahteraan, Debat Pilkada Jatim Akan Diramaikan Ari LassoIDN Times/Rudy Bastam

Gogot menyampaikan, debat Pilkada Jatim 2018 yang perdana ini terdiri dari enam segmen. Mayoritas segmen memang didominasi oleh Cagubnya. "Tapi untuk segmen empat, kami khususkan untuk cawagubnya. Mereka saat itu dipersilahkan saling tanya satu sama lain," jelas Gogot. Hal ini tentunya akan sangat menarik pasalnya dua cawagub ini mengklaim dirinya siapa yang paling millennials mewakili anak muda Jatim.

Baca juga: Survei Charta Politika: Elektabilitas Gus Ipul Ungguli Khofifah di Pilkada Jatim

Topik:

Berita Terkini Lainnya