Anak Surabaya Akan Ikut Akademi Sepak Bola di Liverpool

Wah bisa nyusul Egy, nih

Surabaya, IDN Times - Menjadi pesepakbola bak Mohamed Salah bagi anak Surabaya kini tak hanya angan-angan saja. Terjalinnya kerjasama sister city antara Liverpool dengan Surabaya bisa memuluskan cita-cita bibit sepak bola di Kota Pahlawan untuk unjuk gigi. Pasalnya, mereka bisa saja berkesempatan menimba ikmu sepak bola di tanah Britania Raya ini.

1. Risma katakan anak Surabaya kini bisa raih prestasi

Anak Surabaya Akan Ikut Akademi Sepak Bola di LiverpoolIDN Times/Ardiansyah Fajar

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini berharap kerjasama sister city ini bisa untuk jangka panjang. Ia menginginkan semua bisa multi- tasking. Sedangkan terkait kerjasama bidang olahraga khususnya sepak bola, Ia melihat kini setiap anak berhak mendapat kesempatan. 

"Mereka punya mimpi, mereka bisa prestasi di sepakbola, karena selama ini orangtua ketakutan intelektual anaknya kurang. Maka dari itu prestasi bukan hanya lewat akademik," ujar Risma, Senin (19/3).

2. Saat di Liverpool bisa ikut akademi sepak bola

Anak Surabaya Akan Ikut Akademi Sepak Bola di LiverpoolIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, Risma mengklarifikasi siapapun anak Surabaya yang diberangkatkan ke Liverpool nanti tidak dimasukkan ke klub. Ia menegaskan anak-anak ini akan diseleksi terlebih dahulu. "Saya ingin yang terbaik, saat di sana tidak langsung di klub. Saya mau di akademinya saja untuk anak-anak kita," kata Risma.

3. Risma juga buka peluang untuk anak disabilitas

Anak Surabaya Akan Ikut Akademi Sepak Bola di LiverpoolIDN Times/Sukma Shakti

Tak hanya untuk anak normal di Surabaya, Risma melanjutkan, bahwa Liverpool benar-benar siap memfasilitasi anak Surabaya yang ingin berprestasi lewat sepakbola sekalipun disabilitas. Ia menyatakan hak anak disabilitas juga perlu dipikirkan. "Yang disabilitas butuh untuk masa depannya lebih baik. Di sana ada sekolah sepakbola bagus untuk anak buta, sudah saya kirim ke yayasan tuna netra di Surabaya untuk didata dengan pemkot," katanya.

4. Sebanyak 42 SSB di Surabaya akan diseleksi

Anak Surabaya Akan Ikut Akademi Sepak Bola di LiverpoolIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Afghani mengatakan pemkot melakukan seleksi terlebuh dahulu untuk anak-anak berbakat punya talenta. Melalui penyaringan tersebut, ia berharap yang berangkat nantinya memanglah bibit pesepakbola terbaik asal Surabaya. 

"Konsep seleksi sudah ada, besok kami coba tampilkan di Tambaksari (Stadion 10 Nopember), model seleksi objektif mungkin, SSB semuq diseleksi ada 42, belum tahu berapa dikirim, akademi menyesuakin pemerintah liverpool saja," jelas Afghani.

Baca juga: Subuh-subuh, Risma Sidak Saluran Air

5. Abdil ingin jadi seperti Mohamed Salah

Anak Surabaya Akan Ikut Akademi Sepak Bola di LiverpoolIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Abdil Janitra (10) dari SSB Surabaya Bersatu mengaku sangat senang dengan program antara Surabaya dengan Liverpool. Ia ingin dapat kesempatan belajar sepak bola di Liverpool dan bisa menjadi seperti salah satu pemain Liverpool bernomor punggung 11, Mohamed Salah. "Saya berjanji akan melakukan persiapan matang. Saya akan terus berlatih untuk bisa ke sana, saya sudah suka sepakbola sejak kecil dikenalkan sama ayah," pungkasnya.

 

Baca juga: Dengar Warganya Jual Ginjal, Ini Respons Risma

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya