30 Juta Warga Jatim Dapat Jatah Hak Pilih di Pilkada

Di Jawa Timur, pemilih perempuan lebih banyak.

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim akhirnya merilis Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2018, di Kantor KPU Jatim. Jumlah DPT yang ditetapkan oleh KPU kali ini mencapai 30.155.719 orang.

"Jumlah ini kami kami tetapkan setelah melalui serangkaian pemutakhiran data," kata komisioner KPU Jatim Choirul Anam usai rapat pleno, Jumat (20/4).

1. Pemilih perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki

30 Juta Warga Jatim Dapat Jatah Hak Pilih di PilkadaIDN Times/Sukma Shakti

Dalam DPT tersebut terdapat pemilih perempuan sebanyak15.315.352 dan pemilih laki-laki sebesar 14.540.367. Meski demikian, kata Anam, KPU Jatim tetap melakukan pemutakhiran data sampai menjelang coblosan pada tanggal 25 Juni mendatang. "Pemutakhiran data akan saya kawal sampai bulan juni mendatang."

2. KPU siapkan 67.644 TPS di Pilkada Jatim 2018

30 Juta Warga Jatim Dapat Jatah Hak Pilih di PilkadaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain merilis DPT, KPU Jatim juga sudah menyiapkan sebanyak 67.644 Tempat Pemungutan Suara yang tersebar di 8.497 kelurahan/desa serta di 666 kecamatan. "Jumlah TPS ini berkurang dari rencana awal sewaktu DPS, setelah DPT jumlahnya menurun sehingga ketersediaan TPS juga dikurangi," jelas Anam.

Baca juga: Pasca Debat Pilkada Jatim, Ini Plus Minus Masing-masing Pasangan

3. Jumlah DPT lebih kecil dari DPS

30 Juta Warga Jatim Dapat Jatah Hak Pilih di PilkadaIDN Times/Sukma Shakti

Anam menambahkan, jumlah DPT kali ini mengalami penurunan daripada Daftar Pemilih Sementara. Selisihnya mencapai 230.267 suara. Hal tersebut lantara ada proses penghapusan hingga pencoretan.

"Misalnya, ada 67.461 pemilih kita coret karena tidak dikenal dan tidak diketahui keberadaannya," ujarnya.

Selain itu juga karena calon pemilih tidak memiliki tanda identitas, meninggal dunia, alih status dari sipil ke Polri, hingga identitas ganda.

 

Baca juga: 9.000 Napi Terancam Tak Bisa Memilih di Pilkada Jatim

Topik:

Berita Terkini Lainnya