TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bukan Dirinya, Zaini Sebut Sosok Ini Sebagai Pembunuh Majikannya

Setelah dituduh, ternyata dipaksa mengaku lho!

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Bangkalan, IDN Times - Eksekusi mati yang menimpa M. Zaini Misrin masih menyisakan duka sekaligus tanda tanya besar bagi keluarga. Putra sulung Zaini, Saiful Toriq (25) membeberkan kronologis kasus yang menimpa sang ayah.

Dia menyebut, tak seharusnya sang ayah harus mengakhiri hidup di depan algojo. Bahkan Toriq mengatakan bahwa ada saksi kunci yang bisa menyelamatkan Zaini dari algojo di Arab Saudi. 

1. Keluarga tampik kalau Zaini membunuh majikannya

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Kepada IDN Times yang menyambangi kediamannya di desa Kebun, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Toriq mengatakan kalau ayahnya tidak melakukan pembunuhan kepada majikannya. Ia mengungkapkan bahwa ayahnya dituduh oleh keluarga majikan di Arab Saudi. "Abah itu hanya korban dituduh untuk mengaku melakukan pembunuhan itu. Anggapan abah membunuh itu salah," tegas Toriq kepada IDN Times.

2. Zaini sempat dirayu oleh polisi untuk mengaku sebagai tersangka

IDN Times/Sukma Shakti

Toriq menambahkan, setelah dituduh, Zaini dipaksa mengaku. Ia pun sempat dibujuk agar mau mengaku sebagai pelaku pembunuhan dengan iming-iming akan dibebaskan. Karena tetap menolak mengaku, Zaini pun dianiayaya oleh kepolisian Arab Saudi. 

"Kemudian dikasarin, pipinya ditonjok, giginya berdarah, dicambuk kakinya. Karena kesakitan lalu gemetar badannya kemudian abah keceplosan terpaksa mengaku.

Baca juga: Begini Cerita Keberangkatan Zaini Jadi TKI hingga Dieksekusi Mati

3. Zaini bersedia disumpah tak bersalah

IDN Times/Sukma Shakti

Anak pertama dari dua bersaudara ini mengatakan bahwa sang ayah bahkan bersedia disumpah karena tidak membunuh. "Abah berani tidak keberatan sama sekali dengan proses sumpah itu," jelasnya.

4. Mulanya Zaini ditahan bersama istri sirinya

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain kasus hukumnya, tak banyak memang yang diketahui publik tentang sosok Zaini. Salah satu yang tak banyak diungkap adalah sosok istri siri Zaini, Sumiati. Mereka menikah saat sama-sama berada di Arab Saudi. Bahkan, saat penangkapan, Sumiati juga sempat ditahan.  "Tapi Sumiati bebas, soalnya tidak cukup bukti," katanya.

5. Sumiati disebut sebagai saksi kuncinya

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sebenarnya Zaini bisa saja bebas dari hukuman eksekusi mati di Arab Saudi, jika ada Sumiati. Toriq menuturkan bahwa saksi yang ada kurang, saksi mata yang kuat ialah istri siri ayahnya. "Makanya sidang sempat ditunda, keputusan pengadilan bisa digugat terus karena memang belum cukup bukti dan saksi. Kalau ada Sumiati bisa terbuka semua, karena dia itu yang bersama Abah waktu kejadian," jelasnya.

Baca juga: Kisah Keluarga Ajukan Tiga Kali PK untuk Zaini

 

 

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya