Bumi 'Mengamuk', 7 Bencana Alam Ini Terjadi Sepanjang 2017

#Replay2017 Sayangi bumi kita ya!

Tahun 2017 sebentar lagi akan berakhir, banyak beberapa fenomena yang tentunya akan membuat kita semakin bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa akan kebesarannya. Dilansir dari Kompas.com, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN) mencatat terdapat 2.271 kejadian bencana yang terjadi sejak awal tahun ini hingga 19 Desember 2017.

Berikut adalah 7 bencana alam yang terjadi di Indonesia yang dirangkum dari National Geographic Indonesia.

1. Sumbawa banjir

Bumi 'Mengamuk', 7 Bencana Alam Ini Terjadi Sepanjang 2017instagram.com/berita_polisi_terkini

Diawali dari Februari 2017. Hujan yang mengguyur selama 5 hari tanpa henti, membuat 7 kecamatan di kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Timur terendam banjir.

2. Tanah longsor di Ponorogo

Bumi 'Mengamuk', 7 Bencana Alam Ini Terjadi Sepanjang 2017instagram.com/agus_poernomoo

Selanjutnya di awal bulan April, terjadi tanah longsor yang cukup parah terjadi di Dukuh Tingkil, Banaran, Pulung, Ponorogo, Jawa Timur. Setidaknya, bencana ini mengubur 30 rumah penduduk.

Tak hanya rumah yang dikubur, 38 orang pun tertimbun tanah dan 7 orang dikabarkan meninggal dunia.

3. Kawah Sileri di Dieng meletus

Bumi 'Mengamuk', 7 Bencana Alam Ini Terjadi Sepanjang 2017instagram.com/bostasik

Dipertengahan tahun tepatnya pada Minggu, 2 Juli 2017 kawah Pegunungan Dieng meletus. Sejumlah wisata pun mengalami luka-luka akibat kejadian ini.

4. Gempa bumi di penghujung tahun

Bumi 'Mengamuk', 7 Bencana Alam Ini Terjadi Sepanjang 2017instagram.com/jelajahciwidey

Di penghujung berakhirnya tahun 2017 ini, banyak gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Yang pertama di Kota Ambon pada 31 Oktober, disusul pada 6 Desember gempa di Provinsi Bengkulu yang setidaknya merusak 233 rumah disana. 

Selanjutnya, pada 15 Desember tengah malam, gempa kembali mengguncang Indonesia. Kali ini sasarannya Kota Tasikmalaya, diberitakan ada 2 orang meninggal akibat terkena runtuhan bangunan.

5. Gunung Sinabung meletus

Bumi 'Mengamuk', 7 Bencana Alam Ini Terjadi Sepanjang 2017instagram.com/kesininih.id

Terjadi pada 20 Mei dan 2 Agustus 2017, Gunung Sinabung yang ada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara meletus. Meletusnya Gunung ini memang tak memakan korban, tak setidaknya intesitasnya yang tinggi membuat warga sekitar menjadi khawatir. 

6. Gunung Agung meletus

Bumi 'Mengamuk', 7 Bencana Alam Ini Terjadi Sepanjang 2017instagram.com/etalaseinfo

Semenjak bulan September, Gunung Agung mulai beraksi, banyak wisatawan yang diungsikan untuk tidak pergi ke daerah Bali untuk sementara. Pada 23 Desember ini Gunung Agung kembali mengeluarkan aktivitas erupsinya. 

Saat erupsi, Gunung Agung mengeluarkan asap vulkanik setinggi 2.500 meter. Sampai saat ini Gunung Agus masih berstatus awas. 

7. Siklon tropis Cempaka dan Dahlia

Bumi 'Mengamuk', 7 Bencana Alam Ini Terjadi Sepanjang 2017instagram.com/ullah_safrullah

Ada yang berbeda pada tahun 2017 ini, munculnya Siklon Tropis Cempaka dan Dahlia menjadi fenomena. BMKG mengumumkan bahwa siklon tropis Cempaka terbentuk di perairan Selatan Jawa Tengah, lahir di wilayah 470 kilometer sebelah barat daya Bengkulu. Kedua siklon tropis ini cukup banyak memakan jiwa yaitu sekitar 41 orang.

Itulah 7 bencana yang telah terjadi di 2017 ini. Semoga tahun depan kita bisa semakin ramah dengan lingkungan, agar lingkungan pun ramah pada kita. Amin

 

Kak Alum Photo Verified Writer Kak Alum

Keep focus on your target

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya