SAKSIKAN: Begini Kerennya Jalur Pedestrian di Jalan Thamrin

Kalau jalur pedestriannya keren begini, jalan kaki pun terasa asik

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera melakukan penataan jalan Sudirman-MH Thamrin. Salah satu yang menjadi objek penataan adalah kawasan jalur pedestrian yang akan diperlebar sehingga nyaman dilalui pejalan kaki.

1. Jalur pedestrian yang disebut Anies Sabuk Nusantara


Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyied Baswedan menyebutkan di kawasan jalur pedestrian itu nantinya akan menjadi fasilitas masyarakat untuk menyalurkan kreativitasnya. Terutama yang berkaitan dengan berbagai macam kebudayaan Indonesia.

Anies menyebut konsep trotoar ini dengan istilah Sabuk Nusantara. "Bahkan Jalur Sudirman-Thamrin ini kita sebut dengan istilah sabuk nusantara, karena di sana ada ruang-ruang ekspresi berbagai budaya di nusantara," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (6/3).

Baca juga: Menengok Pulau Panjang, 'Raksasa Tidur' di Utara Jakarta

2. Ada bagian trotoar yang dirancang transparan

SAKSIKAN: Begini Kerennya Jalur Pedestrian di Jalan Thamrin IDN Times/Akhmad Mustaqim

Tak hanya itu, Anies juga menyebutkan jalur pedestrian Sudirman-Thamrin akan dirancang secara unik. Ada bagian dari jalur tersebut yang akan dirancang transparan, sehingga pejalan kaki terutama pelajar bisa melihat apa saja yang ada di bawahnya.

"Nanti anda bisa lihat, ada ruang-ruang kaca yang akan bisa dilihat. Sehingga bagi anak-anak sekolah, atau bagi kita bisa menyaksikan apa saja yang ada di bawah Jalan Sudirman-Thamrin atau di bawah trotoar," ujarnya

3. Pemprov segera mengunggah rancangannya di Youtube

SAKSIKAN: Begini Kerennya Jalur Pedestrian di Jalan Thamrin IDN Times/Akhmad Mustaqim

Bagi yang tidak sabar melihat rancang bangun jalur pedestrian Jalan Sudirman-Thamrin, Pemprov DKI Jakarta akan mengunggah video ilustrasi Jalan Sudirman Thamrin di akun Youtube mereka. Di sana terlihat jelas bagaimana nantinya wujud 'Sabuk Nusantara' yang disebut Anies.

"Gambarnya dan lain-lain sudah kita siapkan sebuah video ilustrasi, rancangannya akan diupload di Youtube yang nanti kemudian bisa dishare dan dilihat oleh semuanya. Itu gambaran umum atas penataan ulang kawasan Sudirman Thamrin," ujar Anies.

4. Ditargetkan selesai Juli

SAKSIKAN: Begini Kerennya Jalur Pedestrian di Jalan Thamrin IDN Times/Akhmad Mustaqim

Proyek penataan ini sudah dimulai dan disosialisasikan mulai hari ini. Penataan Jalan Sudirman-Thamrin direncanakan usai sebelum perhelatan Asian Games 2018 dimulai.

"Prosesnya sudah dimulai dan kita berharap bisa selesai sebelum Asian Games di akhir bulan Juli yang akan datang," ujar Anies.

Baca juga: Pemprov DKI Akan Sulap Pedestrian MH Thamrin, Begini Konsepnya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya